<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XIB IPS MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA"^^ . " ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di kelas XIB IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta ini dilatar belakangi oleh kondisi dan situasi pembelajaran Fiqih pada kelas tersebut yang tidak kondusif. Masalah yang dihadapi diantaranya: pelajaran Fiqih dianggap pelajaran yang tidak menarik untuk dipelajari bagi banyak siswa, nilai rata-rata siswa kelas XIB IPS pada tahun ajaran 2006/2007 masih jauh dari yang diinginkan, penggunaan metode yang monoton oleh guru mata pelajaran tersebut sehingga membuat siswa menjadi jenuh dan suasana kelas membosankan. Dari permasalahan tersebut peneliti menemukan solusi dengan pinilitan tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran Fiqih siswa kelas XIB IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Dengan adanya tindakan berupa penggunaan metode diskusi kelompok hasil siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Suharsimi Arikunto terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan atau implementasi tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran Fiqih. Penelitian tindakan ini dilakukan selama dua siklus. Siklus pertama terdiri dari lima kali pertemuan dan siklus dua sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XIB IPS Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah Pembelajaran Fiqih dengan metode diskusi kelompok. Pengumpulan data diperoleh melalui catatan lapangan, angket, wawancara, jurnal harian, tes/ soal evaluasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes secara keseluruhan pada pembelajaran Fiqih siswa dari awal tindakan (sebelum siklus I) sampai tindakan siklus I. Pada nilai pratindakan rata-rata kelas pada pembelajaran Fiqih sebesar 6,06 dan pada tindakan siklus I sebesar 7,26 yaitu naik sebesar 1,2 (19,81%). Sedangkan, nilai rata rata secara keseluruhan pada pembelajaran Fiqih siswa dari tindakan siklus I sampai tindakan siklus II. Pada nilai tindakan siklus I rata-rata kelas pada pembelajaran Fiqih sebesar 7,26 dan pada tindakan siklus II sebesar 8,29 yaitu naik sebesar 1,03 (14,18%). Peningkatan tersebut berarti siswa menjadi subjek penelitian sudah cukup mampu. Nilai peningkatan keterampilan berdiskusi diperoleh dari nilai rata-rata sesudah tindakan (siklus II) dikurangi nilai pratindakan (sebelum dikenai implementasi tindakan). Selain peningkatan pembelajaran Fiqih tersebut, metode diskusi kelompok juga membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Siswa aktif dan kreatif sedangkan guru dapat berperan secara maksimal "^^ . "2009-05-06" . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "/S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . " "^^ . "FARIDA MUNAWWAROH NIM. 04410733"^^ . " FARIDA MUNAWWAROH NIM. 04410733"^^ . . . . . "HTML Summary of #2031 \n\nUPAYA PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XIB IPS MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . .