<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA"^^ . "Kata ‘arsy dalam al-Qur’an sering kali dimaknai oleh mufasir dengan\r\npemaknaan yang beragam. Bahkan dalam kalangan theolog menjadi perdebatan\r\ndan silang pendapat yang tajam, hal ini tidak luput karena kata ‘arsy dalam al-\r\nQur’an mayoritas berkenaan dengan sifat Z|at Allah sehingga menjadikannya\r\nberagam penafsiran. Keragaman penafsiran sendiri juga dikarenakan\r\npendekatannya beragam. Salah satu pemerhati al-Qur’an di Indonesia yang juga\r\nmenafsirkan ayat-ayat al-Qur’an berkenaan‘arsy ialah Fahmi Basya, dengan\r\nlatar belakang pendidikan ilmu Matematika lalu menggagas Matematika Islam.\r\nKemudian dengan Matematika Islam Fahmi Basya memberikan tawaran\r\npemaknaan mengenai ‘arsy.\r\nPenelitian ini merupakan sebuah kajian literatur (Library Research)\r\nmenggunakan metode deskriptif-analisis. Sumber primer yang digunakan\r\nadalah karya Fahmi Basya buku dengan judul ‚Borobudur & Peninggalan Nabi\r\nSulaiman‛. Permasalahan yang akan dijawab dari penelitian ini pertama,\r\nbagaimana konsep ‘arsy menurut Fahmi Basya. Kedua, apa kelebihan dan\r\nkekurangan dari konsep‘arsy menurut Fahmi Basya.\r\nHasil penelitian pemahaman konsep ‘arsy yang ditawarkan Fahmi\r\nBasya dari ialah, menafsirkan ‘arsy sebagai bangunan dengan menghilangkan\r\nnilai makna dasar tinggi, terdapat bagian bumi yang menyerupai langit,\r\nkemudian dipahami sebagai Negeri Saba’ yang mengacu ‘arsy Saba’ merupakan\r\npeyerupaan (miniatur) dari langit. Sifat azim dari ‘arsy tercermin dari bentuk\r\nstupa induk Borobudur, kode ‘arsy yang dipikul oleh delapan malaikat dengan\r\nsayap dua, tiga dan empat dari Q.S al-Fatir [35].1, Q.S al-Haqah [69].17\r\ntercermin pula pada jumlah stupa yang mengelilingi stupa induk. Fahmi Basya\r\nmenyertakan foto hasil pengamatan pada air yang menetes diatas air, yang\r\nmemperlihatkan bangunan diatas air seperti dengan ayat‚..dan ‘arsy-Nya diatas\r\nair..‛ Q.S Hud [11].7. ‘Arsy Saba’ awalnya berada di kompleks Keraton Boko,\r\ndipindahkan oleh seorang yang mempunyai ilmu Kitab atas perintah Nabi\r\nSulaiman ke puncak Arupadhatu Borobudur. Pemindahan ini menjadikan\r\nkekosongan di areal kompleks Keraton Boko. Kecepatan pemindahan‘arsy\r\nSaba’ pemindahan 60.000 kali kecepatan cahaya. Adapun konsep ‘arsy Fahmi\r\nBasya mempunyai kelebihan pada aktualisasi, tidak terkekang perdebatan\r\npenafsiran klasik dan kreatif dalam mengapresiasi muatan angka pada ayat-ayat\r\nal-Qur’an. Kekurangannya belum sepenuhnya memenuhi syarat ilmiah, kurang\r\nkonsisten dalam menerjemahkan al-Qur’an dan unhistoric. Secara keseluruhan\r\n‘arsy yang dikonsepkan Fahmi Basya merupakan sebuah miniatur yang\r\nmempunyai beberapa kesamaan sifat, namun tidak sampai tingkatan bahwa itu\r\nsebagai‘arsy Tuhan. Model dari Fahmi Basya dalam memperlakukan objek\r\npemahaman (teks) cenderung pada aliran utama subjektivis, dalam artian\r\nbertumpu penekanan pada peran pembaca."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11530068"^^ . "MANNAN AZZAIDI"^^ . "NIM. 11530068 MANNAN AZZAIDI"^^ . . . . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Text)"^^ . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Text)"^^ . . . "11530068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20324 \n\nKONSEP ‘ARSY MENURUT FAHMI BASYA\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .