%A NIM. 09420104 HASANUDIN %O Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si %T PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN NAHWU SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI DI MADRASAH DINIYAH SMK AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA %X Hasanudin. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Pembelajaran Nahwu Sebagai Sumber Belajar Mandiri Di Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile learning pembelajaran nahwu pada materi i'ra>b pengertian dan pembagiannya untuk handphone android bagi santri Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Disamping itu juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi mobile learning pembelajaran nahwu berdasarkan penilaian tiga guru nahwu dan respon 17 santri Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu penelitian pengembangan berdasarkan lima tahap : Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Produksi (Development), Implementasi (implementation) dan Evaluasi (evaluation). Untuk mendapatkan penilaian kelayakan produk yang dihasilkan digunakan angket yang berisikan 15 daftar cek (chek list) yang dinilai oleh tiga guru nahwu Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir. Sedangkan untuk respon santri digunakan daftar angket yang berisi 11 pertanyaan yang di isi oleh 17 santri Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile learning pembelajaran nahwu. Berdasarkan hasil penelitian, menurut tiga ustadz Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir aplikasi mobile learning ini mendapatkan skor 57 dari skor maksimal 75 dan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 76%. Sedangkan respon yang dihasilkan terhadap aplikasi mobile learning pembelajaran nahwu menurut 17 santri mendapatkan skor 10,88 dari skor masksimal 11 dengan persentase keidealan sebesar 98,91 %. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning pembelajaran nahwu ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri untuk santri Madrasah Diniyah SMK Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kata kunci: penelitian pengembangan, i'ra>b, mobile learning, sumber belajar mandiri. %K penelitian pengembangan, i'rab, mobile learning, sumber belajar mandiri. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20338