<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA)"^^ . "Di Indonesia yang mayoritas muslim dan menerapkan Pancasila sebagai\r\nideologi negara, keadilan sosial yang dicita-citakan oleh agama dan konstitusi belum\r\njuga terwujud. Penelitian ini menjadi penting karena, pertama, bahwa agama\r\nseseorang tidak hanya dilihat dari aspek ritual, tapi juga sebagai identitas diri yang\r\nutuh, termasuk aspek keadilan dan kemanusiaan. Kedua, Qur’an turun dalam ruang\r\ndan waktu tertentu. Ketika itu, kondisi sosio-historis masyarakat Arab sedang ditimpa\r\nketidakadilan yang disinggung secara eksplisit dan implisit, berupa ketidakadilan\r\nsosial-ekonomi, ketidakadilan hukum, hingga ketidakadilan gender. Demi lebih\r\nmemfokuskan pembahasan, dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut; pertama,\r\nbagaimana al-Qur’an mendeskripsikan tentang konsep keadilan sosial? Kedua,\r\nbagaimana cara menumbuhkan nilai-nilai keadilan sosial? Ketiga, bagaimana\r\nrelevansi konsep keadilan sosial al-Qur’an dengan sila kelima Pancasila dalam\r\nkehidupan bangsa Indonesia? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh\r\nterkait dengan pendeskripsian al-Qur’an tentang konsep besar keadilan sosial, cara\r\nmenumbuhkan nilai-nilai keadilan sosial dalam tatanan kehidupan masyarakat, serta\r\nrelevansi antara konsep keadilan sosial dalam al-Qur’an dengan sila kelima pancasila\r\ndalam konteks keindonesiaan.\r\nPancasila merupakan sebuah konsensus bersama yang memiliki pendasaran\r\nyang kuat, baik secara yuridis, filosofis, sosio-historis, dan kultural. Idealnya sebuah\r\nideologi, maka Pancasila terdiri dari perpaduan unsur keyakinan, pengetahuan, dan\r\ntindakan. Namun dalam prakteknya, Pancasila di Indonesia berhenti pada unsur\r\nkeyakinan dan pengetahuan saja, belum menyentuh unsur tindakan. Nilai-nilai dalam\r\nsila Pancasila belum benar-benar terimplimentasikan secara menyeluruh. Sila\r\nkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan sila yang paling banyak\r\ndisia-siakan oleh negara. Menurut konsep Soekarno, keadilan sosial yang diterapkan\r\ndi Indonesia haruslah berdimensi materil dan spiritual. Maknanya dapat diturunkan\r\ndalam tiga hal; kesejahteraan sosial, keadilan sosial, dan marhenisme.\r\nDalam al-Quran, tema keadilan bisa ditelusuri melalui tiga term, yaitu; kata aladl\r\n(28 kali), al-qist (24 kali), dan al-mizan (23 kali). Keadilan mempunyai hubungan\r\nyang sangat signifikan dengan ajaran tauhid, dan menjadi prioritas kedua yang dibawa\r\noleh Nabi Muhammad. Derivasi ajaran tauhid yang memberi penekanan kepada\r\n“pemerdekaan diri” (tahrir al-nafs) secara individu, sekaligus membawa pesan\r\n“persamaan” (al-musawah) dalam kehidupan sosial-ekonomi-politik. Islam sangat\r\nmenjunjung tinggi keadilan. Dalam bernegara, Nabi Muhammad mencoba untuk\r\nmembumikan keadilan pada masyarakat Madinah. Konsep negara yang sejahtera dan\r\nberkeadilan di Madinah ini dipandang sebagai cita-cita dari suatu masyarakat ideal,\r\ndikenal dengan sebutan masyarakat madani.\r\nBerdasarkan inspirasi al-Quran, ada lima cara yang penulis tawarkan untuk\r\nmenumbuhkan keadilan sosial; yaitu dengan membangun paradigma bekerja keras,\r\npengoptimalan potensi zakat dan pengelolaan secara profesional, menerapkan sistem\r\npemerintahan yang bebas dari KKN, mencipta ekonomi pro-rakyat, serta memperkuat\r\nsolidaritas antar kerabat dan tetangga. Keberadaan Pancasila merupakan produk\r\nhibridasi atau ramuan dari berbagai pikiran dan gagasan besar yang sesuai dengan\r\nnilai-nilai keadilan sosial. Demikian halnya dengan Pasal 33 UUD 1945 yang menjadi\r\nlandasan dalam mewujudkan keadilan sosial-ekonomi di Indonesia, sepenuhnya\r\nmerupakan hasil objektifikasi dari pesan-pesan al-Qur’an."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12531136"^^ . "MUHAMMAD RIDHA"^^ . "NIM. 12531136 MUHAMMAD RIDHA"^^ . . . . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Text)"^^ . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Text)"^^ . . . "12531136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . . "STUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT\r\nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL\r\n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20350 \n\nSTUDI TEMATIK KONSEPTUAL TERHADAP AYATAYAT \nAL-QUR’AN TENTANG KEADILAN SOSIAL \n(RELEVANSI DENGAN SILA KELIMA PANCASILA)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .