eprintid: 2037 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/37 lastmod: 2012-05-04 16:41:59 status_changed: 2012-05-04 16:41:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Firdaus NIM. 0341 0150, title: PELAKSANAAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN KHUSUS PENGKADERAN DA’I TAKWINUL MUBALLIGHIN YOGYAKARTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pondok Pesantren, Pengkaderan, Da'i, Takwinul Muballighin note: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag., abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum di PPKPD Takwinul Muballighin serta untuk mengungkap faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan kurikulum di PPKPD Takwinul Muballighin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif mengenai pengembangan kurikulum pengkaderan da’i. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative research) yang bersifat lapangan dengan mengambil latar Pondok Pesantren khusus pengkaderan dai Takwinul Muballighin. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (Observation), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif analitik, karena data yang ada dalam penulisan ini bukan beerbentuk angka, akan tetapi dalam bentuk laporan atau uraian deskriptif analitik non statistik. Adapun metode yang digunakan adalah metode deduktif, yaitu perolehan data atau keteranganketerangan yang bersifat umum, kemudian diolah untuk mendapatkan rincian yang bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan : (1) PPKPD Takwinul Muballighin menerapkan tiga kelompok kurikulum yang memiliki korelasi yang integral, yaitu kurikulum ta’limi, tarbawi, dan da’wi. (2) Kurikulum yang diterapkan di PPKPD Takwinul Muballighin merupakan pendidikan islam yang berbasis amal, karena dalam tujuan kurikulum harapannya terjadi perubahan prilaku santri melalui amalamal praktis, sehingga tujuan pendidikan learn to do dapat tercapai.(3) Pelaksaan kurikulum di PPKPD menghadapi beberapa penghambat, yakni : pertama masalah sumber daya manusia terutama pengajar dan pengurus yang masih kurang secara kuantitas dan kualitas, kedua waktu pengalokasian waktu, dan ketiga perencanaan pembelajaran yang belum mencapai target yang ideal, keempat proses seleksi santri yang tidak optimal, serta kelima masalah keuangan yang kemudian berimbas pada minimnya sarana. date: 2009-05-06 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-06 15:33:31 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--firdausnim-1741-1-firdaus-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--firdausnim-1741-1-firdaus-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2119 ; nama file lama : FIRDAUS 03410150 PELAKSANAAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN KHUSUS PENGKADERAN DAI TAKWINUL MUBALLIGHIN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1226212 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-06 15:33:31 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--firdausnim-1741-1-firdaus-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/35/digilib-uinsuka--firdausnim-1741-1-firdaus-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2119 ; nama file lama : FIRDAUS 03410150 PELAKSANAAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN KHUSUS PENGKADERAN DAI TAKWINUL MUBALLIGHIN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1226212 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Firdaus NIM. 0341 0150, (2009) PELAKSANAAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN KHUSUS PENGKADERAN DA’I TAKWINUL MUBALLIGHIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.