%0 Thesis %9 Skripsi %A YENI IKA SEPTYANA, NIM. 11660025 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:20383 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K human sigma, SOAR %T ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN SIGMA UNTUK PERENCANAAN STRATEGI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20383/ %X Kepuasan pasien dan karyawan terhadap rumah sakit menjadi salah satu faktor yang penting karena dapat membentuk loyalitas karyawan terhadap rumah sakit dengan memberikan pelayanan terbaik untuk pasien yang akhirnya akan dapat membentuk loyalitas pasien terhadap rumah sakit itu sendiri. Rumah sakit PKU Muhammadiyah merupakan salah satu rumah sakit swasta di Yogyakarta yang selalu mengutamakan kepuasan pasien dan karyawan yang profesional dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, yang mana pada periode april sampai September 2014 tingkat kepuasan pasien masih belum stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan karyawan dan pasien dengan human sigma serta perencanaan strategis dengan analisis SOAR (strength, opportunity, aspiration, result). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai HS rumah sakit sebesar 37,90%, yang berada pada kuadran 2 dan human sigma 3. Artinya, rumah sakit PKU Muhammadiyah memiliki kinerja keuangan yang dapat dikatakan menengah atau rata-rata dan hanya salah satu dari subjek (dalam hal ini adalah karyawan) yang hubungannya terhadap rumah sakit bernilai optimal (partial optimized). Selain itu, diperoleh nilai kepuasan karyawan dan pasien yang sudah cukup tinggi yang ditunjukkan dengan nilai employee engagement (EE) sebesar 58%, dan nilai customer engagement (CE) sebesar 50%. Sedangkan, untuk perencanaan strategi berdasarkan analisis SOAR diperoleh sebanyak 9 strategi dari matriks SOAR. %Z Siti Husna Ainu Syukri, M.T.