%A NIM. 11660045 AZKIYATUL AMALIA %O Tutik Farihah, M. Sc. %T PEMETAAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY %X Pertumbuhan jasa kurir logistik mengalami peningkatan 35% per tahun dalam lima tahun terakhir menambah ketat persaingan industri jasa pengiriman barang. Hal ini mengharuskan para penyedia jasa pengiriman barang bersaing untuk meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki agar dapat sukses di pasaran. TIKI, JNE, POS Indonesia, Wahana Express, ESL, RPX, Pahala Express, PCP, TIKIndo, dan Pandu Logistics merupakan 10 jasa pengiriman barang yang banyak dipakai oleh konsumen berdasarkan hasil survey oleh forum Kaskus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan terhadap kualitas pelayanan jasa pengiriman barang menggunakan kanvas strategi, mengetahui pengelompokan berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan 10 jasa pengiriman barang pada pelanggannya berdasarkan analisis klaster, serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengelompokan kualitas pelayanan jasa pengiriman barang berdasarkan analisis diskriminan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan kanvas strategi, diketahui bahwa perusahaan yang memiliki kualitas layanan paling baik adalah JNE, kedua TIKI, lalu POS, RPX, ESL, Wahana, PCP, Pandu Logistics, TIKIndo, dan yang terakhir yaitu Pahala Express. Analisis klaster menghasilkan pengelompokan kualitas layanan menjadi 2 klaster, dan 3 klaster. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan analisis diskriminan, didapatkan hasil faktor yang paling berpengaruh dalam pengelompokan kualitas pelayanan jasa pengiriman barang adalah atribut waktu sampai, atribut ketanggapan dalam menerima keluhan permasalahan, atribut asuransi dan ganti rugi, atribut lokasi, atribut fasilitas fisik pelayanan, dan representasi fisik pelayanan. %K Canvas Strategy, Analisis Klaster, Analisis Diskriminan %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20386