TY - THES N1 - Dr. H. Juwariyah, M. Ag, ID - digilib20390 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20390/ A1 - AHMAD RIFAI, NIM. 11470085 Y1 - 2016/01/11/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan siswa di dalam lembaga pendidikan yang masih kurang memiliki rasa percaya diri yang salah satunya adalah proses pembelajaran di kelas. Kondisi siswa yang masih kurang memiliki rasa percaya diri seperti siswa masih mengandalkan teman yang paling pintar dan paling berani berargumen di kelas. Apabila guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang mau berpartisipasi dalam kelas, sedangkan mayoritas hanya diam. Oleh sebab itu dengan kegiatan Khitobah diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan rasa percaya dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni menurut Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan Khitobah dilaksanakan setelah shalat dzuhur secara berjama?ah dengan mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Siswa menjelaskan materi kultum selama kurang lebih 7 sampai 10 menit, boleh dilakukan dengan tekstual maupun kontekstual. Materi yang disampaikan mengandung nilai-nilai kebaikan maupun keislaman. Namun tidak mengandung materi yang menjustifikasi masalah hukum tertentu. Untuk menghindari hal tersebut perlu evaluasi untuk perbaikan kegiatan ini. Evaluasi bisa secara langsung ketika siswa menyampaikan materi yang salah, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Khitobah di akhir semester. Dalam perkembangannya kegiatan Khitobah juga dilakukan pada hari Jum?at. (2) Hasil kegiatan Khitobah untuk membentuk rasa percaya diri siswa dapat diukur dari pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Sehingga dari tujuan tersebut, siswa dapat melatih diri berbicara di depan umum, melatih menyampaikan gagasan / pemikiran, melatih keberanian siswa, beramar ma?ruf nahi munkar, dan menjadi kebutuhan masyarakat. Hasil yang diperoleh atau dampak yang dirasakan adalah siswa mampu berperan aktif dalam diskusi kelas, lebih berani menyampaikan pendapat ketika guru menyampaikan pertanyaan, lebih memperhatikan penyampaian guru, siswa lebih mudah menyampaikan materi ketika presentasi di kelas, dan mampu kultum di masyarakat dalam kegiatan SKN (Sekolah Kerja Nyata) sehingga dari hal tersebut siswa mampu membentuk rasa percaya dirinya (3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan Khitobah Dzuhur dalam membentuk rasa percaya diri siswa. Faktor pendukung antara lain; motivasi guru pembimbing, motivasi dari siswa, persiapan materi, dan pengalaman diri.. Faktor penghambat yakni jama?ah ribut sendiri, lupa materi, kesiapan diri yang kurang, dan kesadaran diri yang lemah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kegiatan Khitobah KW - Percaya diri M1 - skripsi TI - KEGIATAN KHITOBAH DZUHUR UNTUK MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MAN 2 WATES YOGYAKARTA AV - restricted EP - 145 ER -