TY - THES N1 - Dra. Hj. Nur Rohmah, M. Ag, ID - digilib20394 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20394/ A1 - SHOHIFATUL ALIYAH, NIM. 11470128 Y1 - 2015/12/15/ N2 - Jalur pendidikan nonformal mempunyai kedudukan yang sama dengan pendidikan formal dalam memberikan layanan pendidikan kepada semua anak bangsa. Pendidikan Nonformal dan Informal juga memiliki peluang untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang terus berkembang yang tidak dapat dipenuhi oleh pendidikan formal. Dalam Undang-undang tersebut juga disebutkan bahwa pendidikan nonformal berfungsi sebagai pelengkap, penambah, pengganti dan penunjang pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan nonformal paket B di PKBM Reksonegaran Yogyakarta dan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran pendidikan nonformal Paket B PKBM Reksonegaran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif analitik melalui tiga tahap yaitu Data Reduction, Data display (Penyajian Data) dan Conclution drawing /verivication (menarik kesimpulan dan memverivikasi). Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan proses pembelajaran meliputi: kegiatan tatap muka, kegiatan tutorial, dan kegiatan mandiri. Penilaian pembelajaran pendidikan nonformal Paket B PKBM Reksonegaran antara lain ada penilaian kognitif, afektif dan psikomotor. Terdapat 3 problem dalam proses pembelajaran pendidikan nonformal paket B Reksonegaran yaitu problem dari warga belajar, problem dari tutor dan problem dari sarana prasarana. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan nonformal KW - Paket B M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NONFORMAL PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KLITREN LOR GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 210 ER -