@phdthesis{digilib20396, month = {March}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN MAH{\=A}RAH KAL{\=A}M DENGAN METODE LANGSUNG: STUDI KASUS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11420010 DEVITA MAWARNI}, year = {2016}, note = {Drs. H. Adzfar Ammar, M.A.}, keywords = {maharah kalam, metode langsung}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20396/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), metode penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Penulis datang langsung ke lapangan yaitu SMA IT Abu Bakar untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung kelas X dan apa saja fakor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) penerapan metode langsung di kelas X sudah efektif meskipun belum maksimal karena keadaan siswi yang heterogen menyebabkan adanya perbedaan kemampuan dan hasil evaluasi. Dalam penerapan metoe langsung Ustadah selalu berusaha untuk mengembangkan maharah kalam peserta didiknya untuk membiasakan mereka dalam berbicara menggunakan bahasa Arab 2) faktor penghambat dari metode langsung dikarenakan faktor lingkungan yang kurang menciptakan bi?ah lugowiyah dan alokasi waktu yag kurang, selain itu faktor pendukung dari metode langsung ialah kesiapan guru yang mencakup pandangan dan pemahaman guru terhadap pembelajaran bahasa Arab, latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dan media 3) nilai hasil evaluasi pembelajaran kalam siswi kelas X sangat bagus, menunjukkan hasil rata-rata 8,84.} }