eprintid: 20412 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/04/12 datestamp: 2016-06-02 01:38:49 lastmod: 2016-06-02 01:38:49 status_changed: 2016-06-02 01:38:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR HABIBAH, NIM. 11420135 title: EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB AN-NAHWU WA AS{-S{ARFU DI KELAS 3 MADRASAH SALAFIYAH III PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Efektifitas, Pembelajaran Nahwu, Kitab An-Nahwu Wa As-Sarfu note: M. Jafar Shodiq, M.SI. abstract: Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis tentang proses pengajaran nahwu di Madrasah Salafiyah III yang belum sepenuhnya memenuhi harapan, sebagaimana target yang diharapkan dalam mempelajari ilmu nahwu. Idealnya santri kelas 3 sudah bisa menguasai ilmu nahwu karena di kelas 1 dan 2 sudah mempelajarinya, namun pada kenyataannya masih banyak santri yang belum faham dan belum mampu mengaplikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran nahwu dan efektifitas pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab An- Nahwu wa As}-S}arfu di kelas 3 Madrasah Salafiyah III pondok pesantren Al- Munawwir komplek Q Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel penelitian santri kelas 3A Madrasah Salafiyah III PP. Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta sebanyak 21 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab An-Nahwu wa As-Sarfu dimulai dengan perencanaan tujuan pembelajaran yaitu agar santri mempunyai kemampuan untuk membaca dan memahami kitab-kitab yang berbahasa Arab tanpa harakat. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Evaluasi pembelajaran terdiri dari tes lisan, tes tulis dan penugasan. Sedangkan untuk hasil efektifitas pembelajaran dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T dengan paired sample T Test antara nilai pretest dan nilai posttest diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 57,67 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75,19. Sedangkan untuk signifikansi diperoleh nilai sebesar 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran Nahwu, Kitab An-Nahwu Wa As-Sarfu date: 2016-04-06 date_type: published pages: 129 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR HABIBAH, NIM. 11420135 (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB AN-NAHWU WA AS{-S{ARFU DI KELAS 3 MADRASAH SALAFIYAH III PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20412/1/11420135_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20412/2/11420135_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf