%A NIM. 12420023 ENI WIDIYASTUTI %O Umi Baroroh, M.Ag %T EFEKTIVITAS TEKNIK BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT SISWI KELAS I’DAD DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa teknik bernyanyi merupakan teknik yang digunakan dalam pembelajaran mufradat siswi kelas I‟dad di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta, akan tetapi meskipun hanya menggunakan teknik bernyanyi kegiatan pembelajaran tetap berjalan dengan efektif dan efisien, hasil dari pembelajaran tersebut mendapatkan hasil yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat siswi kelas I‟dad, faktor pendukung dan faktor penghambat teknik bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik bernyanyi dalam pembelajaran mufradat siswi kelas I‟dad di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat dikatakan efektif yaitu dapat ditunjukan dengan hasil tes penguasaan mufradat yang dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2016 yang diikuti oleh semua siswi kelas I‟dad yang berjumlah 46 siswi. Kelas I‟dad A sejumlah 29 siswi dan kelas I‟dad B sejumlah 17 siswi dengan nilai rata-rata 8,54. Adapun rinciannya sebagai berikut: nilai 6 dengan prosentase 21,73%, nilai 7 sebesar 2,17%, nilai 8 sebesar 8,69%, nilai 8,5 sebesar 6,52%, nilai 9 sebesar 8,69 %, nilai 9,5 sebesar 32,60 % dan nilai 10 sebesar 19,56 %. Kata kunci: Teknik bernyanyi, pembelajaran mufradat %K Teknik bernyanyi, pembelajaran mufradat %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20414