@phdthesis{digilib20417, month = {April}, title = {AL TAHLIL AL MUQARAN BAYNA JUDAT KITAB TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL MADRASAH AL MUHAMMADIYAH WA KITAB DURUS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI AL MADRASAH AL I'DADIYYAH AL ISLAMIYYAH LI AL FASL AL SABI'}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12420036 DESSY SINTARI DAOED}, year = {2016}, note = {Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.}, keywords = {Analisis Perbandingan ? Kualitas Buku Teks ?Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20417/}, abstract = {Dessy Sintari Daoed. Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII di SMP/MTs Muhammadiyah dan MTsN Godean. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks pelajaran bahasa Arab Kelas VII SMP/MTsN Muhammadiyah yang berlatar belakang swasta dan MTsN Godean yang berlatar belakang negeri sekaligus membandingkannya menurut teori yang ada dalam penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang meliputi empat aspek, yaitu isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan. Buku teks yang dijadikan sampel penelitian adalah buku teks yang dipakai di SMP/MTs Muhammadiyah terbitan Dikdasmen PMW (Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) dan buku teks yang dipakai di MTsN Godean terbitan Kemenag. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah conten analysis yang dilakukan dengan sistematis, objektif dan kuantitatif. Conten analysis adalah sebuah metode penelitian terhadap sebuah teks tanpa harus meminta pendapat penulis buku maupun pembaca buku. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa buku teks pelajaran bahasa Arab terbitan Kemenag dan Muhammadiyah memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing aspek penilaian. Penilaian pada aspek komponen isi buku cetakan Muhammadiyah belum menyajikan materi, evaluasi dan latihan berdasarkan empat kemahiran berbahasa sedangkan buku cetakan Kemenag belum menyajikan materi, evaluasi dan latihan yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Pada aspek komponen penyajian beberapa aspek penilaian antara lain daftar transliterasi Arab-Latin, glosarium, indeks dan CD audio belum disajikan. Pada aspek komponen bahasa, masih adanya kekurangkomunikatifan bahasa pengantar buku teks.Sedangkan pada aspek kegrafikan ilustrasi foto atau gambar belum maksimal. Buku teks terbitan Muhammadiyah mempunyai keunggulan pada aspek penyajian dan bahasa, sedangkan buku teks terbitan Kemenag mempunyai keunggulan pada aspek isi dan kegrafikan. Secara umum urutan kualitas buku teks sesuai dengan prosentase penilaian menyeluruh, yaitu terbitan Muhammadiyah 89,93\% dan Kemenag 89,23\%. Kata Kunci : Analisis Perbandingan ? Kualitas Buku Teks ?Bahasa Arab} }