@phdthesis{digilib20427, month = {March}, title = {ANALISIS KESALAHAN IML{\=A}? SISWA KELAS VIII MTSN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12420060 MELA AZMIA}, year = {2016}, note = {Hj. R. Umi Baroroh, M.Pd.I,}, keywords = {Analisis Kesalahan, Iml{\=a}?}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20427/}, abstract = {Mela Azmia (12420060), Analisis Kesalahan Iml{\=a}? Siswa Kelas VIII MTs Negeri Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan iml{\=a}? siswa kelas VIII MTs Negeri Godean, faktor-faktor penyebab kesalahan, dan upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Negeri Godean diambil sampel menggunakan random kuota sampling sebanyak 64 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan iml{\=a}? yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean Sleman ada 5, yaitu 1) Kesalahan dalam penyambungan huruf sebanyak 19,17\% 2) Kesalahan dalam penulisan ?? (al) sebanyak 21,01\% 3) Kesalahan dalam penulisan harakat sebanyak 39,57\% 4) Kesalahan dalam penulisan hamzah sebanyak 8,89 \% 5) Kesalahan pada penulisan huruf t{\=a}? sebanyak 11,34\%. Faktor-faktor penyebab kesalahan iml{\=a}? yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean Sleman yaitu 1) Faktor Internal yang terdiri dari: minimnya kemampuan dalam membedakan bunyi huruf, minimnya bekal kosa kata yang dimiliki siswa, kurangnya minat untuk belajar menulis huruf Arab. 2) Faktor eksternal yang terdiri dari: minimnya pembelajaran iml{\=a}? dari guru, lingkungan sosial, tidak adanya program khusus yang diberikan oleh pihak sekolah, dan media pembelajaran. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kesalahan iml{\=a}? siswa kelas VIII MTs Negeri Godean Sleman adalah untuk iml{\=a}? istim{\=a}?i, guru membiasakan memberikan materi iml{\=a}? istim{\=a}?i kepada siswa, sedangkan untuk iml{\=a}? manq{\=u}l, guru menjelaskan kaidah iml{\=a}? kepada siswa, dan memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar bahasa Arab baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Iml{\=a}?} }