@phdthesis{digilib20431, month = {April}, title = {IMPLEMENTASI PROGRAM PEMINATAN BIMBINGAN DAN KONSELING KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) YOGYAKARTA I}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11220041 AHMAD ALI MUHTADIN}, year = {2016}, note = {A.Said Hasan Basri, S. Psi., M.Si}, keywords = {Program Peminatan, Bimbingan dan konseling kurikulum 2013, MAN Yogyakarta 1}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20431/}, abstract = {Merespon kemajuan zaman serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia globalisasi maka dalam dunia pendidikan perlu adanya peningkatan kualitas untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Dalam hal ini adalah diterapkannya kurikulum 2013. Penulis memilih MAN Yogyakarta I sebagai tempat penulisan karena penulis melihat bahwa sekolah ini memiliki kualitas untuk melaksanakan kurikulum 2013 yang baru diterapkan pemerintah Indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program peminatan bimbingan dan konseling kurikulum 2013 di MAN Yogyakarta I termasuk kendala-kendala yang ditemui serta positif dan negatifnya. Penulisan ini termasuk jenis penulisan lapangan, dengan metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek penulisan ini adalah 3 (tiga) guru BK dan 3 siswa kelas X (sepuluh). Sedangkan objek penulisannya adalah pelaksanaan program peminatan bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 di MAN Yogyakarta I. Kemudian metode pengumpulan data dalam penulisan ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk metode keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Kemudian metode analisis datanya dengan memeriksa data, kategorisasi data dan pemaknaan data. Hasil dari penulisan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program peminatan BK kurikulum 2013 melalui beberapa tahap yaitu pertama; perencanaan (materi layanan informasi tentang jurusan dan kerjasama dengan lembaga lain), kedua; pelaksanaan meliputi pengumpulan data (data peminatan, tes potensi akademik, tes psikologi dan nilai UN), pengolahan data, pengumuman hasil dan tindak lanjut. Kemudian dalam pelaksanaannya juga ditemui beberapa kendala yaitu pertama; kebingungan siswa untuk memilih jurusan karena belum mengerti dan belum beradaptasi, kedua; kesulitan guru BK karena tidak ada data peminatan dari SMP/MTs yang seharusnya ada, dan yang ketiga; perbedaan antara minat orang tua dan siswa. Kemudian kendala-kendala tersebut yang bisa diselesaikan hanya perbedaan pendapat dengan cara memberikan arahan dan penjelasan. sedangkan kendala yang lain belum bisa diselesaikan karena berkaitan dengan lembaga lainnya.} }