TY - THES N1 - Drs. Abror Sodik. M.Si. ID - digilib20432 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20432/ A1 - IWAN RUDIANSYAH, NIM. 11220049 Y1 - 2016/03/17/ N2 - Penulis memilih MAN 1 Yogyakarta sebagai tempat penelitian karena, madrasah ini memiliki kualitas anak didik terutama dalam bidang keagamaan. Alasan penulis mengangkat masalah penelitian ini karena begitu pentingnya juz ?Amma dan hadits sebagai salah satu modal untuk menjadi imam, khususnya imam sholat, juga sebagai salah satu modal kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah para guru pembimbing, siswa dan guru BK. Penelitia untuk menjawab permasalahan tentang cara yang teratur dan sistematis, dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambatdalam menghafal juz ?Amma dan hadits bagi siswa MAN Yogyakarta 1. Metode pengumpulan data menggunakan interview, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa cara efektif yang digunakan siswa dalam menghafal juz ?Amma dan hadits antara lain: Metode wahdah, adalah menghafal dengan cara membaca berulang-ulang. Metode kitabah, adalah menghafal dengan cara menuliskan terlebih dulu ayat yang hendak dihafal. Metode sima?i, adalah menghafal dengan cara mendengarkan dari sebuah rekaman kaset/ MP3. Metode gabungan, yakni merupakan gabungan atau aplikasi dari metode wahdah dan kitabah. Metode jama?, adalah menghafal dengan cara kolektif atau bersama-sama. Faktor pendukung dalam menghafal juz ?Amma dan hadits adalah motivasi, adanya kelonggaran waktu, lingkungan yang baik, kesehatan jasmani rohani, peraturan atau ketentuan madrasah, sedangkan faktor penghambatnya ada dua faktor yaitu, faktor dari dalam dan luar diri siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode bimbingan KW - hafalan juz ?Amma dah hadits. M1 - skripsi TI - METODE BIMBINGAN HAFALAN JUZ 'AMMA DAN HADITS BAGI SISWA MAN YOGYAKARTA 1 AV - restricted EP - 119 ER -