eprintid: 20432 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/04/32 datestamp: 2016-04-26 02:50:41 lastmod: 2016-04-26 02:50:41 status_changed: 2016-04-26 02:50:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IWAN RUDIANSYAH, NIM. 11220049 title: METODE BIMBINGAN HAFALAN JUZ 'AMMA DAN HADITS BAGI SISWA MAN YOGYAKARTA 1 ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Metode bimbingan, hafalan juz ‘Amma dah hadits. note: Drs. Abror Sodik. M.Si. abstract: Penulis memilih MAN 1 Yogyakarta sebagai tempat penelitian karena, madrasah ini memiliki kualitas anak didik terutama dalam bidang keagamaan. Alasan penulis mengangkat masalah penelitian ini karena begitu pentingnya juz ‘Amma dan hadits sebagai salah satu modal untuk menjadi imam, khususnya imam sholat, juga sebagai salah satu modal kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah para guru pembimbing, siswa dan guru BK. Penelitia untuk menjawab permasalahan tentang cara yang teratur dan sistematis, dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambatdalam menghafal juz ‘Amma dan hadits bagi siswa MAN Yogyakarta 1. Metode pengumpulan data menggunakan interview, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa cara efektif yang digunakan siswa dalam menghafal juz ‘Amma dan hadits antara lain: Metode wahdah, adalah menghafal dengan cara membaca berulang-ulang. Metode kitabah, adalah menghafal dengan cara menuliskan terlebih dulu ayat yang hendak dihafal. Metode sima’i, adalah menghafal dengan cara mendengarkan dari sebuah rekaman kaset/ MP3. Metode gabungan, yakni merupakan gabungan atau aplikasi dari metode wahdah dan kitabah. Metode jama’, adalah menghafal dengan cara kolektif atau bersama-sama. Faktor pendukung dalam menghafal juz ‘Amma dan hadits adalah motivasi, adanya kelonggaran waktu, lingkungan yang baik, kesehatan jasmani rohani, peraturan atau ketentuan madrasah, sedangkan faktor penghambatnya ada dua faktor yaitu, faktor dari dalam dan luar diri siswa. date: 2016-03-17 date_type: published pages: 119 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: IWAN RUDIANSYAH, NIM. 11220049 (2016) METODE BIMBINGAN HAFALAN JUZ 'AMMA DAN HADITS BAGI SISWA MAN YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20432/1/11220049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20432/2/11220049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf