%A NIM : 12420072 HAJAR SA’IDAH %O R. Umi Baroroh, M.Ag %T ANALISIS MATERI BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 %X Hajar sa’idah, Analisis Materi Buku Pelajarn Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab sebagai bahan pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari teori penyusunan buku ajar dan dari seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research).Oleh karena itu penulis dalam menganalisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku tersebut belum memenuhi kriteria buku teks dari segi keakuratan materi dan cakupan materi. Sedangkan dalam teori materi yang dikemukakan oleh Ali Al- Qasimy, buku ini hanya memenuhi materi dasar dan materi tertentu. Buku tersebut juga telah memenuhi seleksi yang baik karena dalam penyusunan materi yang sesuai dengan tingkat kemahiran dan lama suatu program pembelajaran bahasa.Buku tersebut juga telah memenuhi gradasi yang baik karena materi di sajikan dari kaidah yang sederhana daripada kaidah yang sulit. Adapun presentasi pada buku baik di karenakan menggunakan media pendukung seperti table dan gambar, serta menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan juga buku tersebut memiliki repetisi yang baik, dengan banyaknya repetisi kosa kata lebih dari 10. Kata kunci: Analisis, pembelajaran bahasa, materi, buku teks. %K Analisis, pembelajaran bahasa, materi, buku teks. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20433