@phdthesis{digilib20449, month = {March}, title = {LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12220010 ENDAH KUSUMAWATI}, year = {2016}, note = {Slamet, S. Ag., M. Si.}, keywords = {1. Layanan Bimbingan Kelompok 2. Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20449/}, abstract = {Motivasi belajar adalah sebuah hal yang penting bagi diri siswa untuk meraih sebuah cita-cita. Jika sedari dini seseorang tidak memiliki motivasi, maka belum tentu masa depan mereka akan indah. Pada kenyataan di lapangan, kondisi motivasi belajar berbeda. Sementara di sisi lain siswa membutuhkan semangat dalam belajarnya agar membutuhkan potensi yang lebih baik lagi. Menurut guru bimbingan dan konseling kelas VII ada beberapa siswa tunanetra yang kurang memiliki motivasi belajar. Hal ini dilihat dari ranking yang diraihnya dan kondisi saat belajar di dalam kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menggunakan layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pelaksanaan layanan bimbingan kelompok guna meningkatkan motivasi belajar siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 Guru Bimbimbingan dan Konseling dan 4 siswa kelas VII. Obyek penelitian ini adalah model pelaksanaan layanan bimbingan kelompok guna meningkatkan motivasi belajar siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga menggambarkan jawaban rumusan masalah. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini adalah model pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan di MTs Yaketunis melalui beberapa tahap-tahap pelaksanaan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengahiran. Metode yang digunakan dalam layanan bimbingan kelompok ada 2 metode yaitu sosiodrama dan diskusi kelompok. Dan hasil yang diperoleh dalam peningkatan motivasi belajar sebesar 60\%.} }