@phdthesis{digilib20450, month = {March}, title = {PROBLEMATIKA GURU BK DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI ANAK TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12220014 ERA FATMAWATI}, year = {2016}, note = {Muhsin. S. Ag. M.A.}, keywords = {Problematika guru BK, Dalam memberikan motivasi anak tunalaras}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20450/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku anak tunalaras yang mengalami kondisi emosi yang tidak terkontrol, perilaku yang menyimpang. Hal ini yang menjadi kendala guru BK khususnya dalam memberikan motivasi pada anak tunalaras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru BK Dalam Memberikan Motivasi Anak Tunalaras Di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subyek penelitian dua guru BK SLB-E Prayuwana, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah problematika yang dihadapi guru BK dalam memberikan motivasi anak tunalaras di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitin ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika kompetensi pedagogik guru BK dalam memberikan motivasi anak tunalaras SLB-E Prayuwana : pemahaman karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum, berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan siswa, menilai proses dan pembelajaran, tindakan refleksi. Problematika guru BK dalam memotivasi anak tunalaras. Diambil dari salah satu peran guru BK sebagai motivator :membangkitkan minat, berikan penilaian.} }