<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman)"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design\r\neksperimen kuasi (Quasi Experimental). Penelitian ini memiliki dua variabel, yang\r\npertama variabel bebas yaitu mind map Tony Buzan dan tanpa mind map Tony Buzan,\r\nyang kedua variabel terikat yaitu kreativitas berpikir dan prestasi belajar. Populasi\r\npenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Pakem Sleman. Kemudian dipilih\r\nsampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.\r\nTeknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pretes dan posttes berupa angket\r\ndan tes. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS yang\r\nsebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab\r\ndengan menggunakan mind map Tony Buzan lebih efektif daripada pembelajaran\r\nbahasa Arab tanpa menggunakan mind map Tony Buzan terhadap kreativitas berpikir\r\ndan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN Pakem Sleman.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penggunaan metode\r\npembelajaran mind map Tony Buzan dalam pembelajara bahasa Arab dimulai dengan\r\nguru membagi tugas secara individu dan dilanjutkan dengan tugas kelompok. Dalam\r\ntugas individu siswa membuat mind map sesuai materi dengan kreativitas mereka\r\nmasing-masing. Adapun dalam tugas kelompok, siswa saling bertukar pikiran dan\r\nbekerjasama dengan baik guna menghasilkan karya yang terbaik. Kedua, adanya\r\nperbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen\r\ndan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke\r\npostest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest sebesar 38,9412 dan nilai postest sebesar 66,6471 pada kelas eksperimen.\r\nSedangkan pada kelas kontrol rata-ata nilai pretest sebesar 33,5263 dan nilai postest\r\nsebesar 52,6316. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah\r\nperubahan nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat\r\ndisimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab\r\nyang menggunakan metode pembelajaran mind map Tony Buzan.\r\nKata kunci : Eksperimen, Mind Map Tony Buzan, Kreativitas Berpikir, Prestasi\r\nBelajar Bahasa Arab"^^ . "2016-03-24" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12420110"^^ . "UMY SALAMAH"^^ . "NIM. 12420110 UMY SALAMAH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Text)"^^ . . . . . "12420110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #20451 \n\nEFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .