TY - THES N1 - Dr. Abdul Munif, M.Ag ID - digilib20451 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20451/ A1 - UMY SALAMAH, NIM. 12420110 Y1 - 2016/03/24/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Penelitian ini memiliki dua variabel, yang pertama variabel bebas yaitu mind map Tony Buzan dan tanpa mind map Tony Buzan, yang kedua variabel terikat yaitu kreativitas berpikir dan prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Pakem Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pretes dan posttes berupa angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ?t? dengan bantuan SPSS yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan mind map Tony Buzan lebih efektif daripada pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan mind map Tony Buzan terhadap kreativitas berpikir dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN Pakem Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penggunaan metode pembelajaran mind map Tony Buzan dalam pembelajara bahasa Arab dimulai dengan guru membagi tugas secara individu dan dilanjutkan dengan tugas kelompok. Dalam tugas individu siswa membuat mind map sesuai materi dengan kreativitas mereka masing-masing. Adapun dalam tugas kelompok, siswa saling bertukar pikiran dan bekerjasama dengan baik guna menghasilkan karya yang terbaik. Kedua, adanya perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke postest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest sebesar 38,9412 dan nilai postest sebesar 66,6471 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol rata-ata nilai pretest sebesar 33,5263 dan nilai postest sebesar 52,6316. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan metode pembelajaran mind map Tony Buzan. Kata kunci : Eksperimen, Mind Map Tony Buzan, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar Bahasa Arab PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Eksperimen KW - Mind Map Tony Buzan KW - Kreativitas Berpikir KW - Prestasi Belajar Bahasa Arab M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ?MIND MAP TONY BUZAN? DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman) AV - restricted EP - 241 ER -