%A NIM. 12220041 AINUR RAHMAH %O A. Said Hasan Basri, S. Psi., M.Si %T PENGARUH BIMBINGAN KARIR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TERHADAP PROFESI YANG ADA DI INDONESIA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan karir melalui media Ular Tangga dalam meningkatkan pengetahuan terhadap profesi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen ulang (prestestposttest control grup design). Penelitian ini dilakukan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Jumlah sampel 23 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah bimbingan karir melalui media Ular Tangga, sedangkan variabel terikat adalah pengetahuan terhadap profesi yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh bimbingan karir melalui media Ular Tangga dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test pada kelas eksperimen dengan bantuan komputasi SPSS for windows 20.0, yaitu 0,02, yang artinya 0,02<0,05 dan kelas kontrol, yaitu 0,14 yang artinya 0,14>0,05. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat dibuktikan, yaitu ada pengaruh positif bimbingan karir melalui media Ular Tangga dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia dan semakin sering diberikan bimbingan karir melalui media Ular Tangga, maka semakin tinggi pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia. %K Bimbingan Karir Melalui Media Ular Tangga, Pengetahuan terhadap Profesi yang ada di Indonesia %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib20468