eprintid: 20471 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/04/71 datestamp: 2016-04-27 04:14:36 lastmod: 2016-04-27 04:14:36 status_changed: 2016-04-27 04:14:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EKA ETTY SEPTIANA, SPDI, NIM. 1320411130 title: KESADARAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA (STUDI KASUS DI DUSUN POKOH 1 DLINGO BANTUL YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: P divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Agama Islam bagi Anak, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. note: Dr. Abdul Munip, M.Ag. abstract: EKA ETTY SEPTIANA. Kesadaran Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga (Studi Kasus di Dusun Pokoh 1 Dlingo Bantul). Tesis. Yogyakarta: Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sekarang ini jarang sekali orang tua yang dapat memberikan teladan kepada anak terkait dengan tugasnya sebagai manusia yaitu beribadah kepada Allah Swt. Minimnya ketaatan beribadah dapat berpengaruh terhadap perilaku dalam kehidupan anak. Berkaitan dengan persoalan tersebut, tesis ini mengangkat judul “Kesadaran Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga di Dusun Pokoh 1 Dlingo Bantul”. Alasan penulis memilih judul tersebut karena melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat dusun Pokoh 1 yang tingkat pendidikannya termasuk rendah menjadikan mereka lemah dalam hal keimanan atau keberagamaan. Selain itu juga karena banyaknya kasus seperti hamil di luar nikah sehingga penelitian ini perlu dilakukan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas kependidikan Islam bagi anak dan remaja di dusun Pokoh 1, kesadaran orangtua terhadap pendidikan agama Islam dan implementasi pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga di dusun Pokoh 1 Dlingo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian mengambil latar keluarga masyarakat dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menyoroti kesadaran orang tua terhadap pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga di Dusun Pokoh 1 adalah; pendidikan agama Islam, pendidikan agama Islam bagi anak, dan pendidikan agama Islam dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bagi masyarakat dusun Pokoh 1, pendidikan agama adalah kontrol bagi anak. Anak dan remaja dusun Pokoh 1 memiliki serangkaian kegiatan keagamaan dalam kesehariannya. Semuanya terangkum dalam sebuah organisasi yang bernama “RISMAFA”. (2) Warga masyarakat Pokoh 1 sudah memiliki kesadaran terhadap PAI bagi anak. Hal ini dibuktikan dengan semangat para orang tua untuk mengikut sertakan anaknya ke TPA/TPQ. Namun demikian, bukan berarti orangtua melepas anaknya begitu saja, mereka juga mengajarkan pendidikan agama Islam kepada anak semampu mereka dalam keluarga. (3) Implementasi pendidikan agama Islam lebih banyak ditekankan kepada ibadah mahdah seperti mengajarkan sholat, puasa, dan bersedekah. Selebihnya anak mendapatkan pendidikan agama dari sekolah dan TPA masjid. Adapun metode yang digunakan orangtua dalam mendidik agama adalah dengan pembiasaan, keteladanan, dan memberikan nasihat-nasihat baik yang terkait dengan ibadah maupun akhlak pergaulan. date: 2016-03-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: EKA ETTY SEPTIANA, SPDI, NIM. 1320411130 (2016) KESADARAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA (STUDI KASUS DI DUSUN POKOH 1 DLINGO BANTUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20471/2/1320411130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20471/1/1320411130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf