@mastersthesis{digilib20474, month = {March}, title = {PENGEMBANGAN MODUL AL-KAL{\=A}M PROGRAM BAHASA MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2015}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1320411245 NAILUL HIMMATUL KHUSNA}, year = {2016}, note = {Dr. H. Sukmata, M.A.}, keywords = {Modul, Program Bahasa, dan al-Kal{\=a}m.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20474/}, abstract = {NAILUL HIMMATUL KHUSNA, Pengembangan Modul al-Kal{\=a}m Program Bahasa Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2015, Tesis: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul materi al-kal{\=a}m yang berjudul mu{\d h}{\=a}da{\.s}ah yaumiyah yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim kelas VII \& VIII. Dilihat dari hasil validasi ahli desain dan ahli materi serta respon dari guru dan peserta didik terhadap modul yang disusun dan dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan terdiri dari: (1) Menentukan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) pengembangan produk, (5) validasi produk, (6) respon guru (7) uji coba produk, (8) revisi produk, (9) produk modul. Proses validasi dilakukan oleh dua ahli desain dan ahli materi. Subjek penelitian adalah guru (tim bahasa) dan peserta didik Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Data diperoleh menggunakan angket untuk ahli desain dan ahli materi serta respon para guru dan para peserta didik terhadap modul yang disusun dan dikembangkan, pada aspek desain, aspek penggunaan, aspek isi/materi, dan aspek pembelajaran. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini layak menjadi produk akhir setelah melalui validasi ahli desain dan validasi ahli materi. Kelayakan tersebut dilihat dari rata-rata skor penilaian dari ahli desain pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik dan aspek penggunaan menghasilkan skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Penilaian ahli materi untuk aspek isi/materi menghasilkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik dan aspek pembelajaran menghasilkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik.Hasil respon para guru terhadap produk ini pada aspek isi/materi 4,28 (sangat baik) dan aspek desain 4,2 (baik). Sedangkan hasil respon peserta didik terhadap produk ini pada aspek isi/materi 3,82 (baik) dan aspek desain 4,15 (baik). Produk ini mendapatkan respon positif dari para guru (tim bahasa) dan peserta didik dan dianggap layak digunakan dalam pembelajaran program bahasa Arab.} }