%0 Thesis %9 Masters %A ABDUL KODIR, SPDI, NIM. 1420410017 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20476 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K REBT, berbasis Islam, bullying. %T RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS ISLAM DALAM MENANGGULANGI PRILAKU BULLYING SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20476/ %X Abdul Kodir : Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam dalam Menanggulangi Prilaku Bullying Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta), Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan dan konseling Islam, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kasus prilaku bullying yang terjadi di lingkungan pendidikan khususnya di SMA Negeri 11 Yogyakarta, berupa bullying aspek fisik, verbal, dan psikis. Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam ini diterapkan bertujuan untuk menanggulangi prilaku bullying siswa tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, bertujuan untuk melihat efektivitas Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam dalam menanggulangi prilaku bullying menggunakan desain True Experimental Pre-test dan Pos-ttest Control Group Design sebanyak 9 siswa pada kelompok eksperimen dan 9 siswa kelompok kontrol. Penentuan subyek dipilih dari hasil pree-test skala prilaku bullying dengan skor tertinggi tertinggi. Hasil uji beda dengan menggunakan medode Wilcoxon Signed Rank Test kelompok eksperimen pree-test dan post-test sebesar Z = -2,668 dengan p-value sebesar 0,008 (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pree-test dan post-test. Uji beda pree-test dan post-test kelompok kontrol pada tabel t statistics Z = -0,378 dengan p-value 0,705 (0,05), menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor siswa sebelum dan setelah perlakuan. Pada tabel descriptive statistics menunjukkan nilai rata-rata (mean) kelompok kontrol 57,56 dibanding kelompok eksperimen 54,67 ini berarti terdapat selisih nilai pree-test dan post-test pada kelompok kontrol dan eksperimen. Dari hasil analisis tersebut bahwa Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Islam efektive dalam menanggulangi prilaku bullying siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. %Z Dr. Nurus Sa‟adah, S.Psi., M.Si., Psi.