%0 Thesis %9 Masters %A NAMA ZULHAMDAN, SPDI, NIM. 1420410042 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20480 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Nilai-nilai pendidikan, Pewahyuan al-Qur’an bertahap dan Tafsir al-Mishbah %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN PEWAHYUAN AL-QUR’AN BERTAHAP MENURUT TAFSIR AL-MISBAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20480/ %X Zulhamdan, “Nilai-nilai pendidikan dalam pewahyuan al-Qur’an bertahap menurut Tafsir al-Mishbah”. Yogyakarta: konsentrasi Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Islam pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini mengkaji tentang Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam pewahyuan al-Qur’an secara bertahap, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam pewahyuan Al-Qur’an secara bertahap. Sumber utama dalam penelitian ini adalah Tafsir al-Mishbah karya Prof. Dr. Quraish Shihab, MA. Penelitian ini adalah penelitian Library Reseach Hasil penelitian ini adalah: Nilai Tauhid, Nilai Akhlak, Nilai Sosiologis, Nilai Logika, Nilai Pendidikan bertahap, Nilai Universalitas, Nilai Haq (Kebenaran), Nilai menasehati, Nilai Istiqomah. Relevansi nilai-nilai pendidikan dalam pewahyuan al-Qur’an bertahap menurut Tafsir Al-Mishbah ialah sebagai berikut: Penyampaian materi secara bertahap, Membentuk intelektual dan karakter siswa, Interaksi antara guru dan siswa, Pendidikan menyesuaikan dengan sosial masyarakat, Pendidikan Islam menjawab tantangan zaman, Pelaksanaan pendidikan yang terorganisir dan sistematis, Keserasian materi pendidikan Islam pada antar jenjang pendidikan.