%0 Thesis %9 Masters %A NAILI VIDYA YULISTYANA, SPD, NIM. 1420410059 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20484 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Wayang Cucok, Kalām %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG CUCOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN KALĀM PADA SISWA KELAS XI MAN 1 JEPARA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20484/ %X Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya nilai kemahiran kalām bahasa Arab siswa di kelas XI MAN 1 Jepara. Siswa merasa belajar bahasa Arab menjadi momok berat khususnya ketika pembelajaran kalām. Berdasarkan pengamatan peneliti, siswa kelas XI MIA 3 yang lebih banyak mengalami kesulitan ketika kalām. Alasan siswa mengalami kesulitan pada saat kalām adalah perasaan takut dan malu-malu ketika praktik di depan kelas. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran Wayang Cucok dengan tujuan agar siswa menjadi senang belajar bahasa Arab khususnya ketika pembelajaran kalām tanpa rasa takut dan malu-malu ketika mempraktikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dengan tahapan yang terdiri dari (1) tahap eksplorasi, (2) tahap pengembangan media, dan (3) tahap uji coba. Proses validasi dilakukan oleh para ahli melalui forum FGD. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab MAN 1 Jepara berjumlah 2 orang dan siswa kelas XI MAN 1 Jepara berjumlah 26 siswa. Data diperoleh menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi serta hasil tes uji coba peningkatan kemahiran kalām pada siswa terhadap media yang dikembangkan pada aspek penempatan penekanan, makharijul huruf (pengucapan), intonasi kalimat, kelancaran, dan keberanian. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian para ahli pada forum FGD pada aspek kelayakan isi materi sebesar 3,58 (sangat baik), aspek kelayakan bahasa sebesar 3,44 (sangat baik), aspek penilaian kontekstual sebesar 3,38 (sangat baik), aspek kelayakan penyajian sebesar 2,88 (baik), aspek fisik media sebesar 3,10 (sangat baik), dan aspek audio 2,92 (baik). Sedangkan hasil uji coba menyatakan hasil kemahiran kalām pada siswa meningkat dalam setiap pertemuannya, dengan rincian nilai pretest yang menunjukkan mean sebesar 63,4 sedangkan post test memiliki nilai rata-rata 82,0. Berdasarkan uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 17,5 lebih besar dari t tabel sebesar 0,388 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wayang Cucok efektif untuk meningkatkan kemahiran kalām kelas XI MAN 1 Jepara. %Z Dr. Sri Sumarni, M.Pd.