eprintid: 20490 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/04/90 datestamp: 2016-04-27 06:07:34 lastmod: 2016-04-27 06:07:34 status_changed: 2016-04-27 06:07:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SILMA SYAHIDA, NIM. 1420410101 title: PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PAGUYANGAN ispublished: pub subjects: pba divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Sikap Siswa, Metode Pembelajaran, Motivasi Siswa, Hasil Pembelajaran, Bahasa Arab note: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag abstract: Metode pembelajaran dan motivasi merupakan bagian penting dari proses pembelajaran . Metode Pembelajaran berfungsi mengarahkan siswa untuk mencapai penguasaan bahasa Arab dan motivasi pada siswa akan memberikan dorongan atau kekuatan pada diri siswa untuk berusaha/belajar lebih giat selama proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 02 Paguyangan guru merasa bahwa penyajian pembelajaran (metode) yang digunakan untuk menyampaikan materi bahasa Arab sudah maksimal, tetapi hasil pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut masih di bawah nilai standart, guru merasa bahwa ada masalah pada motivasi belajar siswa-siswa terhadap materi bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap siswa terhadap metode pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 02 Paguyangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui kuisioner/angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pemilihan responden yang digunakan adalah teknik random sampling dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Michael Dari penelitian ini diketahui bahwa Sikap Siswa Tehadap Metode Pembelajaran dan Motivasi Siswa tidak memberikan pengaruh terhadap Hasil Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 02 Paguyangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sikap siswa tentang metode pembelajaran terhadap hasil pembelajaran sebesar 0,082 dengan signifikansi 0,162 dan nilai koefisien regresi motivasi siswa terhadap hasil pembelajaran sebesar 0,847 dengan taraf signifikansi sebesar 0,12. date: 2016-03-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: SILMA SYAHIDA, NIM. 1420410101 (2016) PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PAGUYANGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20490/2/1420410101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20490/1/1420410101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf