%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR HANIFAH, NIM. 12220043 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:20495 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Bimbingan dan Konseling, Kemandirian Anak Usia Dini TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta %P 129 %T MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI TK KHALIFAH SUKONANDI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20495/ %X Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang fundamental sehingga dapat memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan anak. bimbingan dan konseling di lembaga Paud tidak hanya diberikan kepada mereka yang mempunyai perilaku bermasalah, melainkan juga harus diberikan kepada mereka yang sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam bimbingan dan konseling sendiri banyak cara yang dipergunakan untuk melaksanakan proses bimbingan dan konseling tersebut. Salah satunya dengan media bimbingan dan konseling Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif subyek dari penelitian ini adalah Guru Kelas TK Khalifah Sukonandi. Serta subjek pendukung adalah Anak-Anak TK B dan Orang tua anak TK B. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan, diolah dan disajikan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: bentuk-bentuk kemandirian anak usia dini TK Khalifah meliputi: 1) kemandirian sosial atau lifeskill, 2) kemandirian dalam beribadah dan 3) kemandirian akademik. Bentuk media bimbingan dan konseling yang diberikan dalam membentuk kemandirian anak usia dini meliputi: 1) media berbasis manusia, 2) media berbasis cetakan, 3) media berbasis audio visual gerak dan 4) media alat peraga/demonstran %Z Nailul Falah, S.Ag., M.Si