@phdthesis{digilib2050, month = {May}, title = {HUBUNGAN ANTARA SIKAP, LANGGAM BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MTs NEGERI I YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Alia Apriana NIM: O3460538}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.}, keywords = {Langgam belajar, kemampuan numerik, sikap siswa, dan prestasi belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2050/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan secara bersama-sama atau sendiri antara sikap, langgam belajar dan kemampuan numerik siswa terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ex post facto dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A MTs Negeri I Yogyakarta semester genap tahun 2007/ 2008 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah angket sikap, angket langgam belajar, tes kemampuan numerik, dan tes prestasi belajar (di akhir sub bab materi). Data yang terkumpul berupa data kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi ganda dengan 3 prediktor. Adapun prasyarat analisis data yang dilakukan antara lain dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji dependensi. Hasil uji prasyarat analisis memberikan gambaran bahwa semua variabel telah memenuhi syarat untuk dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sikap, langgam belajar dan kemampuan numerik siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Hal ini ditunjukan pula besarnya koefisien determinasi R2 y(123) = 0,964 pada taraf signifikansi 5 \%. Prestasi belajar dapat diprediksi melalui besarnya sumbangan relatif sikap siswa sebesar 96,598 \%, langgam belajar sebesar 2,453 \% dan kemampuan numerik sebesar 0,590 \%. Sedangkan sumbangan efektif tiap prediktor langgam belajar, kemampuan numerik sikap siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa masing-masing secara berturut-turut sebesar 93,475 \% ; 2,365 \% dan 0,568 \%. } }