%0 Thesis %9 Masters %A DIMAS PRADIPTA PRIBADI, NIM. 1420410122 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20500 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Reward, Punishment, Motivasi, Pondok Pesantren. %T IMPLIKASI REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20500/ %X Dimas Pradipta Pribadi, Implikasi Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk reward and punishment yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh atau implikasi dari reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian campuran di mana penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan secara bergantian. Penelitian kualitatif digunakan untuk mengetahui bentuk reward and punishment yang diterapkan di Pondok PesantrenTa’mirul Islam Srakarta, sedangkan penelitain kuantitatif digunakan untuk mengetahui pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Data penelitian diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, dokuentasi, dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif sedangkan teknis analisis data kuantitatif menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk reward yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah pujian, penghargaan, penghormatan, dan pemberian kesempatan. 2) Bentuk punishment yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta adalah pemberitahuan,teguran, peringatan, dan hukuman fisik. 3) Adanya pengaruh signifikan penerapan reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta berdasarkan hasil analisis uji regresi ganda sebesar sig. 0,000 dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,001 0,05) berdasarkan pada lembar angket pengaruh reward and punishmet terhadap motivasi belajar siswa. %Z Dr. Ibnu Burdah, M.A.