%0 Thesis %9 Skripsi %A LESTARI, NIM. 12220045 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:20502 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Layanan Bimbingan Kelompok, Mencegah Konflik, Pertemanan Antar Siswa. %P 110 %T LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENCEGAH KONFLIK PERTEMANAN ANTAR SISWA SMA N 1 CEPER, KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20502/ %X Latar belakang penelitian ini berangkat dari adanya fenomen yang terjadi pada siswa kelas XI SMA N 1 Ceper, Klaten. Ada beberapa siswa pernah mengalami konflik pertemanan dengan temannya. Siswa kelas XI merupakan masa peralihan dan mereka sudah mengenal teman yang lainnya sejak kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mencegah konflik pertemanan antar siswa SMA N 1 Ceper, Klaten. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa tahap-tahap dan metode layanan bimbingan kelompok dalam mencegah konflik pertemanan antar siswa SMA N 1 Ceper, Klaten adalah tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pembahasan dan tahap pengakhiran. Adapun metode yang digunakannya adalah metode kegiatan kelompok dan metode diskusi. %Z Muhsin Kalida S.Ag., MA.