%0 Thesis %9 Masters %A NURUL FADLILAH, SPDI, NIM. 1420410135 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2016 %F digilib:20503 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %T DESAIN MATERI MATRIKULASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI LULUSAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MADRASAH ALIYAH AL-AZHAR ANDONG BOYOLALI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20503/ %X Nurul Fadlilah, Desain matrikulasi materi pembelajaran bahasa Arab bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di (Madrasah Aliyah Al-Azhar Andong Boyolali). Tesis, Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Prodi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini di latar belakangi oleh kebutuhan siswa di Madrasah Aliyah Al-Azhar Andong Boyolali pada kelas X lul us an dari Sekolah Menengah pertama (SMP) yang belum pemah mendapatkan materi pe!Jjararan bahasa Arab di bangku SMP, maka sudah hal pasti bahwa siswa lulusan SMP sangat kurang kompetensi pelajaran bahasa Arab dibandingkan dari siswa lulusan MTs khususnya dalam empat maharah, menyimak. berbicara, membaca dan menulis dan temyata siswa lulusan SMP di MA ini belum mendapatkan perhatian khusus, maka peneliti mengembangkan desain matrikulasi materi pemebelajaran bahasa Arab khususnya bagi siswa lulusan SMP di Madrasah Aliyah Al-Azhar Andong Boyolali sebagaimana yang dibutuhkan oleh siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian dan pengembangan bahan ajar (R esearch and Development), model pengembangan Borg and Gall. Model tersebut disederhanakan menjadi lima langkah di antaranya studi pustaka, analisis kebutuhan, menulis Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator, menentukan materi pokok, melakukan validasi, revisi dan hasil produk akhir mat1ikulasi materi pembelajaran bahasa Arab. Setelah produk tersusun peneliti melakukan validasi terhadap uji ahli, yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media dan guru materi pembelajaran bah as a Arab dengan memberikan angket bersekala lima yang berkategori (1) sangat kunmg baik (2) kurang baik (3) cukup baik (4) baik (5) sangat baik. Dari data hasil angket tersebut menunjukkan bahwa penilain ahli materi dari semua aspek menghasilkan jumlah nilai rata-rata 4,04 yang termasuk dalam katergori baik. dan Jari ahli media menunjukkan bahwa data hasil angket menghasilkan jumlah nilai rata-rata 4,6 yang tem1asuk dalam kategori sangat baik. penilain guru mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Azhar Andong Boyolai terhadap produk ini dari semua aspek menghasilkan jumlah nilai rata-rata 4,31 tem1asuk dalam kategori sangat baik. dan data angket penilai siswa terhadap produk matrikulasi secara keseluruhan menghasilkan jumlah nilai rata-rata keseluruhan 4,40 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Peneliti melakukan pretes dan postes setelah produk diujicobakan dari uji ahli dan telah melakukan revisi, ujicoba pada kelompok kecil berjumlah 21 orang, hasil dari nilai rata-rata pretes yaitu 19,90 dan setelah treatmen pada produk matrikulasi terhadap siswa peneliti rnemberikan postes yang menghasilkan jumlah nilai rata-rata yaitu 36,28 yang mana menunjukkan hasil pretes dan postes ada perbedaan yang peningkatan yang signi±1kan pada postes. Sehingga dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar y:mg dikembangkan oleh peneliti layak digunakan sebagai bahan ajar dalam memberikan matrikulasi materi pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas X lulusan SMP di MA. %Z Dr. H. Sukamta.M.A .