<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016"^^ . "Dewi Ferawati, Studi Komparasi Kemahiran Berbahasa Arab Antara Siswi Program Unggulan dan \r\nMultilingual di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. \r\nYogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga \r\n2016.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat perbedaan treatment dalam pembelajaran bahasa \r\nArab antara siswi program unggulan dan multilingual di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah \r\nYogyakarta. Khusus program multilingual diberikan tahapan pengembangan bahasa seperti pendalaman \r\nmateri, karantina bahasa tingkat madya, dan karantina bahasa tingkat purna. Adapun penelitian ini \r\nbertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan kemahiran menyimak, berbicara, membaca, dan \r\nmenulis siswi program unggulan dan multilingual di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil 60 sampel yaitu 30 siswi program \r\nunggulan dan 30 siswi program multilingual di kelas X Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta \r\ntahun pelajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non \r\nprobability sampling yaitu purposive sampling dan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan \r\ndengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas \r\ndan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 butir soal terbukti valid semua, \r\nsedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas keempat mahārah sebesar \r\n0,687, 0,840, 0,698, dan 0,810 dinyatakan reliabel. Sebelum analisis data, dilakukan analisis \r\nnormalitas dan homogenitas data kemudian dilanjutkan dengan analisis data yaitu analisis \r\nkomparasional dalam penelitian ini menggunakan teknik uji perbedaan independent sample t-test.\r\nHasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat perbedaan mahārah istimā’ antara siswi program \r\nunggulan dan multilingual. Mean mahārah istimā’ siswi program unggulan lebih tinggi dari siswi \r\nprogram multilingual yaitu 72,67 dan 70,67. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample \r\nt-test, dapat dilihat angka signifikansi mahārah istimā’ sebesar 0,721 0,05 ( diterima). \r\nSedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar -0,359 lebih kecil dari \r\n2,00, maka hipotesis nihil ( ) diterima. Ini berarti perbedaan mean dua sampel bukanlah perbedaan \r\nmean yang signifikan, melainkan perbedaan yang terjadi hanya secara kebetulan saja (by chance) \r\nsebagai akibat sampling error. (2) Terdapat perbedaan mahārah kalām yang signifikan antara siswi \r\nprogram unggulan dan multilingual. Mean mahārah kalām siswi program unggulan lebih rendah dari \r\nsiswi program multilingual yaitu 67,17 dan 78,80. Terbukti juga pada uji perbedaan independent \r\nsample t-test, dapat dilihat angka signifikansi mahārah kalām sebesar 0,005 0,05 ( ditolak). \r\nSedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar 2,899 lebih besar dari 2,00, \r\nmaka hipotesis nihil ( ) ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima ( ). Ini berarti perbedaan \r\nmean dari kedua sampel itu adalah perbedaan yang signifikan. (3) Tidak terdapat perbedaan mahārah \r\nqirā’ah antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean mahārah qirā’ah siswi program unggulan \r\nlebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 68,33 dan\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nvii\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n77,00. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi \r\nmahārah qirā’ah sebesar 0,117 0,05 ( diterima). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) \r\ndiperoleh bahwa sebesar 1,590 lebih kecil dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) diterima. Ini \r\nberarti perbedaan mean dua sampel bukanlah perbedaan mean yang signifikan, melainkan perbedaan yang \r\nterjadi hanya secara kebetulan saja (by chance) sebagai akibat sampling error. (4) Terdapat \r\nperbedaan mahārah kitābah yang signifikan antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean \r\nmahārah kitābah siswi program unggulan lebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 48,57 dan \r\n61,87. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi \r\nmahārah kitābah sebesar 0,032 0,05 ( ditolak). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) \r\ndiperoleh bahwa sebesar 2,198 lebih besar dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) ditolak sedangkan \r\nhipotesis alternatif diterima ( ). Ini berarti perbedaan mean dari kedua sampel itu adalah \r\nperbedaan yang signifikan."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410167"^^ . "DEWI FERAWATI, SS, MPDI"^^ . "NIM. 1420410167 DEWI FERAWATI, SS, MPDI"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Text)"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Text)"^^ . . . "1420410167_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB\r\nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL\r\nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA\r\nTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #20515 \n\nSTUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB \nANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL \nDI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA \nTAHUN PELAJARAN 2015/2016\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .