TY - THES N1 - Dr. Sigit Purnama, M.Pd. ID - digilib20515 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20515/ A1 - DEWI FERAWATI, SS, MPDI, NIM. 1420410167 Y1 - 2016/03/28/ N2 - Dewi Ferawati, Studi Komparasi Kemahiran Berbahasa Arab Antara Siswi Program Unggulan dan Multilingual di Madrasah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat perbedaan treatment dalam pembelajaran bahasa Arab antara siswi program unggulan dan multilingual di Madrasah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Khusus program multilingual diberikan tahapan pengembangan bahasa seperti pendalaman materi, karantina bahasa tingkat madya, dan karantina bahasa tingkat purna. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan kemahiran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis siswi program unggulan dan multilingual di Madrasah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil 60 sampel yaitu 30 siswi program unggulan dan 30 siswi program multilingual di kelas X Madrasah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling yaitu purposive sampling dan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 butir soal terbukti valid semua, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas keempat mah?rah sebesar 0,687, 0,840, 0,698, dan 0,810 dinyatakan reliabel. Sebelum analisis data, dilakukan analisis normalitas dan homogenitas data kemudian dilanjutkan dengan analisis data yaitu analisis komparasional dalam penelitian ini menggunakan teknik uji perbedaan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat perbedaan mah?rah istim?? antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean mah?rah istim?? siswi program unggulan lebih tinggi dari siswi program multilingual yaitu 72,67 dan 70,67. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi mah?rah istim?? sebesar 0,721 0,05 ( diterima). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar -0,359 lebih kecil dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) diterima. Ini berarti perbedaan mean dua sampel bukanlah perbedaan mean yang signifikan, melainkan perbedaan yang terjadi hanya secara kebetulan saja (by chance) sebagai akibat sampling error. (2) Terdapat perbedaan mah?rah kal?m yang signifikan antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean mah?rah kal?m siswi program unggulan lebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 67,17 dan 78,80. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi mah?rah kal?m sebesar 0,005 0,05 ( ditolak). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar 2,899 lebih besar dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima ( ). Ini berarti perbedaan mean dari kedua sampel itu adalah perbedaan yang signifikan. (3) Tidak terdapat perbedaan mah?rah qir??ah antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean mah?rah qir??ah siswi program unggulan lebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 68,33 dan vii 77,00. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi mah?rah qir??ah sebesar 0,117 0,05 ( diterima). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar 1,590 lebih kecil dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) diterima. Ini berarti perbedaan mean dua sampel bukanlah perbedaan mean yang signifikan, melainkan perbedaan yang terjadi hanya secara kebetulan saja (by chance) sebagai akibat sampling error. (4) Terdapat perbedaan mah?rah kit?bah yang signifikan antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean mah?rah kit?bah siswi program unggulan lebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 48,57 dan 61,87. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi mah?rah kit?bah sebesar 0,032 0,05 ( ditolak). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar 2,198 lebih besar dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima ( ). Ini berarti perbedaan mean dari kedua sampel itu adalah perbedaan yang signifikan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - masters TI - STUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB ANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL DI MADRASAH MU?ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -