<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER"^^ . "Zetty Arifah, Analisis Buku Al Al’ab Al Lughowiyah Fi Ta’limi Lughoh Al-\r\nAjnabiyah Karya Nasif Mustofa Abdul Aziz Perspektif Multiple Intelligence\r\nHoward Gardner. Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan\r\nKalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nPembelajaran bahasa Arab membutuhkan strategi untuk menyampaikan\r\ninformasi dan permainan yang berperan untuk mengatasi kejenuhan dalam belajar\r\nserta permainan dapat membantu tersampainya materi dengan baik. Sukses\r\ntidaknya suatu program pengajaran bahasa senantiasa dinilai dari strategi\r\npembelajaran yang digunakan, menentukan tercapainya isi dan cara mengajarkan\r\nbahasa. Konsep dasar penelitian ini sebagai strategi pembelajaran bahasa Arab\r\ndalam sebuah permainan. Sebagaimana Istilah “permainan” dalam pembelajaran\r\nbahasa ini digunakan agar dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dalam\r\nkegiatan-kegiatan di kelas, dan memberikan kesan kepada guru dan siswa tentang\r\nadanya cara belajar yang menyenangkan dan senantiasa ditunggu-tunggu untuk\r\nmelatih dan mengembangkan kemampuan semua unsur-unsur kebahasaan.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan dalam\r\nbuku Al Al’ab Al Lughowiyah untuk dicari komponennya serta disesuaikan\r\ndengan teori yang terkait yaitu multiple intelligences howard gardner, untuk\r\nmengetahui dan mengembangkan permainan yang terdapat dalam buku Al Al’ab\r\nAl Lughowiyah tersebut dengan berbagai tipe kecerdasan siswa yang sesuai\r\ndengan teori Gardner.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan\r\ndesain penelitian pustaka dengan menganalisis dengan teori yang terkait dengan\r\ndata buku yang diteliti serta dengan menggunakan sumber-sumber yang akurat\r\nbaik itu dari pustaka terdahulu maupun buku referensi dan lain-lain. Buku yang\r\nditeliti berbahasa Arab dengan diambil 11 sampel permainan dan diterjemahkan\r\nserta dianalisis menggunakan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner. Pokokpokok\r\nisi dan sub judul isi dari buku yang diteliti digambarkan serta dianalisis.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Buku Al Al’ab Al Lughowiyah\r\nkarya Nasif Mustofa Abdul Azis yang diterbitkan di Riyadh ini berisi tentang\r\nxv\r\npermainan dalam belajar bahasa arab baik tingkat pemula sampai tingkat lanjutan\r\ndengan mencakup keempat maharoh dalam bahasa arab yaitu istima’, kalam,\r\nqiro’ah dan kitabah serta belajar unsur-usnsur bahasa bahkan qowaidnya. Buku ini\r\ndisertai dengan gambar yang menarik agar mempermudah belajar siswa. Gambar\r\nmenunjukkan tipe belajar siswa yang visual. Karena visual apa yang dilihat siswa\r\ntidak hanya memperoleh materi dengan abstrak tetapi belajar dengan melihat\r\nobjek yang sebenarnya. Banyak juga di dalamnya terdapat tatacara\r\nmengkondisikan kelas dan seputar pembelajaran yang menyenangkan dengan\r\npermainan.\r\n2) Bentuk-bentuk permainan dalam buku Al Al’ab Al Lughowiyah sama\r\ndengan bentuk permainan dalam strategi pembelajaran bahasa dalam referensi\r\nbahasa Indonesia yaitu terdiri dari materi, maharoh, tingkat, durasi, persiapan atau\r\nbahan dan langkah-langkahnya, bentuk permainannya mengarah pada strategi\r\nyang efektif dalam permainan bahasa dan menyadarkan apa urgensi dan hakikat\r\npermainan itu dalam pembelajaran, kapankah waktu yang sesuai untuk\r\nmenggunakan permainan tersebut dan digunakan dengan seefektif dan seefisien\r\nmungkin.\r\n3) Pelaksanaan permainan pembelajaran bahasa Arab dalam buku Al\r\nAl’ab Al Lughowiyah terbukti sesuai dengan teori Multiple Intelligences Howard\r\nGardner. Proses pembelajaran di kelas, guru tidak hanya monoton dalam satu tipe\r\nbelajar namun menggunakan 8 kecerdasan sesuai yang dicetuskan oleh howard\r\ngardner sesuai dengan materi yang diajarkan. Kecerdasan visual dapat dibuktikan\r\ndengan adanya banyak gambar, kecerdasan linguistik dibuktikan dengan keempat\r\nmaharoh sebagai target, kecerdasan logis matematis dengan menggunakan pikiran\r\nyang logis serta menghitung dan menggunakan pola berpikir matematis ilmu pasti\r\ndan eksak, kecerdasan kinestetik ditunjukkan dengan permainan yang\r\nmenggunakan asosiasi drama dan gerakan badan seperti “mencari harta karun”\r\ndan “kotak kemasan korek api” yang diikat dengan tangan, kecerdasan musikal\r\ndengan melodi dan apa yang sering diperdengarkan kepada siswa. Intrapersonal\r\ndan interpersonal dengan permainan individu dan kelompok dan lain sebagainya."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410201"^^ . "ZETTY ARIFAH, SPDI"^^ . "NIM. 1420410201 ZETTY ARIFAH, SPDI"^^ . . . . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Text)"^^ . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Text)"^^ . . . "1420410201_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI\r\nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ\r\nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20520 \n\nANALISIS BUKU AL AL’AB AL LUGHOWIYAH FI TA’LIMI \nLUGHOH AL-AJNABIYAH KARYA NASIF MUSTOFA ABDUL AZIZ \nPERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .