relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20521/ title: EFEKTIVITAS PELATIHAN MULTIKULTURALIME UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA) creator: SRI SUWARTINI, SSOSI, NIM. 1420410211 subject: Bimbingan dan Konseling Islam description: SRI SUWARTINI. Efektivitas Pelatihan Multikulturalime Untuk Meningkatkan Kontrol Diri dan Hubungan Interpersonal Siswa. (Studi Eksprimen Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta). Tesis. Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan multikulturalime untuk meningkatkan kontrol diri dan hubungan interpersonal siswa di SMP MBS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala kontrol diri dan hubungan interpersonal dengan kategori rendah, sejumlah dua puluh empat siswa kelas VII SMP MBS Yogyakarta, terbagi menjadi dua kelompok yaitu 12 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 siswa sebagai kelompok kontrol. Analsis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Penggumpulan data menggunakan skala kontrol diri, skala hubungan interpersonal, observasi, angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan multikulturalisme efektif untuk meningkatkan kontrol diri dan hubungan interpersonal siswa SMP MBS Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat pada output perhitungan statistik nonparametris uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk kontrol diri dengan hasil p=0,002 0,05 dan Z= -3,064 dan hubungan interpersonal dengan hasil p=0,0020,05 dan Z= -3.071, artinya bahwa skor kontrol diri dan hubungan interpersonal mengalami peningkatan dari sebelum treatment dan sesudah treatment. Selain itu juga dapat dilihat hasil perhitungan uji beda nonparamtris uji Wilcoxon Signed Ranks Test skor posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada hasil untuk kontrol diri p= 0,0020,05 dan Z= -3,063 dan hasil hubungan interpersonal pada p= 0,0020,05 dan Z= -3,065. Sementara itu pada kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan yang sginifikan antara skor pretest dan posttest dalam kontrol diri dan hubungan interpersonal, hal tersebut dapat dilihat pada output perhitungan nonparamtris uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan hasil untuk kontrol diri p= 0,5900,05 dan Z= -0,539 dan hubungan interpersonal pada p=0,7540,05 dan Z= -0,313. date: 2016-03-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20521/2/1420410211_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20521/1/1420410211_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: SRI SUWARTINI, SSOSI, NIM. 1420410211 (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN MULTIKULTURALIME UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.