TY - THES N1 - Dr. Sabaruddin, M.Si. ID - digilib20530 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20530/ A1 - UMI ZAKIYATUL HILAL, SPDI, NIM. 1420411028 Y1 - 2016/03/28/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa guru PAI kurang memperhatikan kompetensi sosialnya sehingga berdampak pada tinggi/rendahnya peranan yang dijalankannya dalam lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diangkat penulis yaitu : 1) Mengapa guru PAI SMP di kecamatan Tempel terdorong untuk berperan dalam kehidupan masyarakat? 2) Bagaimana bentuk peran sosial guru PAI SMP di kecamatan Tempel di lingkungan tempat tinggalnya? 3) Bagaimana respon masyarakat terhadap peran sosial yang dimainkan oleh guru PAI SMP di kecamatan Tempel? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang mendorong guru PAI SMP di kecamatan Tempel memainkan peran dalam kehidupan masyarakat, bentuk peran sosialnya dan tanggapan masyarakat terhadap peran sosial tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendektan sosiologi pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI SMP di kecamatan Tempel dan objek penelitian ini adalah peran sosial dari guru PAI tersebut dalam masyarakat. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Sebab-sebab yang mendorong guru PAI SMP di kecamatan Tempel memainkan peran dalam masyarakat yaitu dorongan internal (kemampuan untuk menjalankan peranan dan panggilan hati sebagai bentuk implikasi dari profesi guru PAI) dan dorongan eksternal (pandangan khusus dari masyarakat, bentuk pertanggungjawaban hak dan kewajibannya dalam interaksi sosial dan kondisi keagamaan masyarakat). 2) Bentuk-bentuk peran sosial dilaksanakan dengan sikap inklusif, objektif, tidak diskriminatif, adaptif dan komunikatif yang diwujudkan dalam bidang keagamaan (imam dan khatib, penceramah, pengurus masjid, pengurus organisasi keagamaan) dan non-keagamaan (pengurus PKK dan ketua RT) dengan berperan didalamnya sebagai pembimbing dan penasehat, sebagai model dan teladan, sebagai pembaharu (inovator) dan sebagai motivator. 3) Peran sosial yang dijalankan oleh guru PAI SMP di kecamatan Tempel mendapat respon yang berbeda-beda dari masyarakat. Respon positif berupa dukungan, kemauan untuk terlibat, dan keinginan untuk mempertahankan peranan dari guru PAI. Sedangkan, respon negatif ditunjukkan masyarakat dengan tidak mau mengikuti apa yang menjadi gagasan guru PAI dikarenakan tidak sesuai dengan kultur masyarakat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Sosial KW - Guru Pendidikan Agama Islam KW - Masyarakat. M1 - masters TI - PERAN SOSIAL GURU PAI DALAM MASYARAKAT (STUDI PADA GURU PAI SMP DI KECAMATAN TEMPEL) AV - restricted ER -