<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)"^^ . "Niken Dwi Rahmawati. Aksentuasi Penguasaan Bahasa Arab dalam\r\nKurikulum (Studi Kasus di SMP Ma’arif 2 Ponorogo dan SMP Muhammadiyah 2\r\nYogyakarta), Yogyakarta 2016.\r\nDalam tujuan pembelajaran bahasa Arab yang dicanangkan oleh institusi\r\nlembaga yang terlalu muluk, nampaknya justru tidak membuahkan hasil dalam\r\nproses pembelajaran khususnya pada pengajaran kemahiran berbahasa Arab.\r\nTercapainya suatu pembelajaran bahasa itu tidak terlepas dari kemampuan empat\r\nkemahiran berbahasa. Oleh karena itu, adanya sebuah penekanan penguasaan\r\nkemahiran berbahasa menjadi penting dalam suatu proses pembelajaran bahasa.\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research).\r\nSumber data pada penelitian ini adalah guru pengampu pelajaran bahasa Arab dan\r\nsiswa kelas VIII tahun ajaran 2015/2016 di SMP Ma’arif 2 Ponorogo dan SMP\r\nMuhammadiyah 2 Yogyakarta. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini\r\nadalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian ini berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan\r\npenelitian serta instrument di atas adalah 1) Pelaksanaan kurikulum KTSP dan\r\ngabungan kurikulum KTSP dan K13 di kedua sekolah tersebut belum optimal\r\npelaksanaannya. Hasil di lapangan menggambarkan bahwa keaktifan dan\r\nkemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab masih kurang,\r\nsehingga jalannya proses pembelajaran masih didominasi oleh keaktifan guru\r\nmenyampaikan materi. 2) Penekanan penguasaan kemahiran berbahasa Arab di\r\nkedua sekolah tersebut lebih ditekankan pada kemahiran membaca. 3)\r\nPelaksanaan tujuan pembelajaran bahasa Arab, kedua sekolah tersebut terlepas\r\ndari tujuan institusional lembaga. Tujuan pembelajaran didesain sesuai dengan\r\nkebutuhan mendasar siswa, tidak perlu muluk-muluk tetapi dapat mencapai tujuan\r\nyang diharapkan. 4) Cakupan materi, dari bahan ajar yang digunakan di kedua\r\nsekolah tersebut menggambarkan bahwa penyajian materi dimulai dari materi\r\nyang mudah ke yang sulit, dan dari yang sederhana ke yang kompleks. Tetapi\r\nkontens materi dan penyajian evaluasi masih kurang bervariatif. 5) Metode\r\npembelajaran lebih menggunakan metode konvensional-tradisional klasikal, guru\r\nhanya menerjemahkan kata per kata, kalimat per kalimat. Sehingga peserta didik\r\nmudah mengetahui artinya, tetapi mudah juga akan terlupakan. 6) Pelaksanaan\r\nevaluasi pembelajaran, di kedua sekolah tersebut belum efektif terutama pada\r\nevaluasi kemahiran produktif (istima’ dan kalam), dan belum mencakup\r\nkeseluruhan aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik).\r\nDengan demikian dapat disimpulkan bahwa tercapainya pembelajaran\r\nbahasa Arab di SMP Ma’arif 2 Ponorogo dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta\r\ndisamping perlu adanya sebuah aksentuasi penguasaan kemahiran berbahasa, juga\r\ndiperlukan tujuan pembelajaran yang jelas, peningkatan SDM guru, pemanfaatan\r\nmetode yang bervariatif, penambahan jam pelajaran, dan memperhatikan latar\r\nbelakang pendidikan peserta didik. Sehingga dalam proses pembelajaran dapat\r\nberjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai."^^ . "2016-03-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411031"^^ . "NIKEN DWI RAHMAWATI, SPDI"^^ . "NIM. 1420411031 NIKEN DWI RAHMAWATI, SPDI"^^ . . . . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . "1420411031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM\r\n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN\r\nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #20531 \n\nAKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM \n(STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN \nSMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .