TY - THES N1 - Dr.Hj. Marhumah, M. Pd ID - digilib20534 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20534/ A1 - CHICHI ?AISYATUD DA?WATIZ ZAHROH, NIM. 1420411088 Y1 - 2016/03/28/ N2 - CHICHI ?AISYATUD DA?WATIZ ZAHROH, NIM 1420411088. Model Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi pada Sekolah Dasar NegeriSindurejan, Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian tentang ini dilatarbelakangi oleh permasalahan minimnya jam pembelajaran PAI dengan materi yang banyak dan kurangnya perhatian masyarakat dengan adanya pendidikan non formal seperti Madrasah Diniyah Takmiliyah dan kurang optimalnya pendidikan keagamaan bagi siswa SD Negeri. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana pelaksanaan, capaian, faktor pendukung dan penghambatModel Madrasah Diniyah TakmiliyahTerintegrasi pada Sekolah Dasar Negeri Sindurejan, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan, menjelaskan capaian, dan memaparkan faktor pendukung dan faktor penghambatMadrasah Diniyah TakmiliyahTerintegrasi pada Sekolah Dasar Negeri di SD Negeri Sindurejan, Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik Penentuan Sampel Sumber Data menggunakan teknik purposivesampling dan snowball sampling. Sumber data adalahKepala Kemenag Kota Yogyakarta, Kepala Sekolah, guru PAI, pengelola dan guru. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pendekatan naturalistik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1). Pelaksanaannya dilatarbelakangi oleh gagasan Kepala Kemenag Kota Yogyakarta, pengelola dari KUA Wirobrajan dengan pendekatan integrasi-interkoneksi menggunaan metode konvensional dan materi Akidah, Akhlak, Al-Qur?an, Tarikh Islam, hadits serta fiqih. 2) Hasil capaian dilihat secara kognitif yaitu siswa sudah mempunyai pengetahuan tentang ajaran Islam secara luas, afektif yaitu siswa sudah cinta dan taat terhadap agama Islam, menghargai kebudayaan nasional, demokratis, cinta ilmu pengetahuan, dan disiplin dan psikomotorik yaitu siswa sudah mengamalkan ajaran Islam dengan pengamalan ibadah dan akhlak karimah, belajar dengan baik, bekerjasama dengan orang lain, aktif dalam masyarakat dan mampu memecahkan masalah. 3) Faktor pendorong yaitu kekuatan dan peluang. Faktor penghambat yaitu kelemahan dan tantangan yang berasal dari dalam (Madrasah Diniyah Takmiliyah dan lingkungan sekolah) dan luar (keluarga, lingkungan masyarakat dan pemerintah). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Madrasah Diniyah Takmiliyah KW - Integrasi-Interkoneksi KW - Metode KW - Materi KW - Pendidikan Agama Islam. M1 - masters TI - MODEL MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SINDUREJAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -