%0 Thesis
%9 Masters
%A KHUROTUL AEN, NIM. 1420411155
%B PROGRAM PASCASARJANA
%D 2016
%F digilib:20536
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Manajemen, Kedisiplinan Siswa, Presensi online.
%T IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEDISIPLINAN SISWA  DENGAN SISTEM PRESENSI ONLINE  DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG KABUPATEN BATANG
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20536/
%X KHUROTUL AEN, 1420411155. Implementasi Manajemen  Kedidiplinan Siswa Dengan Sistem Presensi Online Di MTs Hasyim  Asy’ari Bawang Kabupaten Batang. Tesis. Yogyakarta: Program Studi  Pendidikan Islam MKPI Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016.  Manajemen kedisiplinan siswa sering kali banyak dibahas dalam dunia  pendidikan kita, hal ini karena pendidikan adalah untuk membentuk manusiamanusia  yang berkualitas. Meskipun begitu pembahasan mengenai manajemen  kedisiplinan sering kali mengalami jalan buntu karena faktor kondisi sosial,  budaya, agama dan juga zaman yang terus berubah. Oleh karena itu  manajemen kedisiplinan juga harus terus berkembang dalam dunia  pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana  implementasi manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online.  Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dirancang untuk  mengumpulkan data dan informasi secara mendalam tentang implementasi  manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online di MTs Hasyim  Asy’ari Bawang Kabupaten Batang. Kemudia data dikuatkan dengan motode  observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.  Hasil penelitian berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, dan  tujuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen kedisiplinan  siswa di sekolah ini secara umum menggunakan prinsip keteladanan dan nilainilai  ibadah. Prinsip-prinsip tersebutlah yang kemudian membuat penerapan  manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online di MTs Hasyim  Asy’ari ini mandapatkan hasil yang maksimal, ditandai dengan meningkatnya  kesadaran berdisiplin diri. Para siswa tidak hanya rajin menggesek kartu namun  lebih pada pemahaman pentingnya masuk tepat waktu. (2) Penerapan  manajemen kedisiplinan siswa dengan sistem presensi online di sekolah ini  menggunakan jenis barcode dengan sistem gesek. Pelaksanaan presensi  dilakukan sebelum masuk kelas dan sesudah pelajaran selesai (3) Hasil  Penerapan manajemen kedisiplinan siswa di sekolahan ini efektif dalam  meningkatkan kedisiplinan siswa masuk kelas dan juga membantu  memudahkan pemantauan orang tua terhadap anaknya di sekolah.  Kendala penerapan manajemen keddisiplinan dengan sistem presensi  online di sekolah ini adalah mesin presensi belum ditambah akibatnya  menghambat proses, padahal jika jumlahnya ditambah akan mempercepat  proses presensi karena siswa tidak harus antri untuk meng-input data diri.
%Z Dr. Imam Machali, M. Pd