eprintid: 2054 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/20/54 lastmod: 2012-05-04 16:42:01 status_changed: 2012-05-04 16:42:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DEDEN MUHAMAD ARIF MAHDIANA NIM: 02431403, title: KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA PADA KINERJA GURU DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SLTP NEGERI II SIDAREJA - CILACAP ispublished: pub full_text_status: none keywords: persepsi siswa pada kinerja guru, keaktifan siswa, prestasi belajar matematika. note: Pembimbing : Drs.H. Sedya Santosa, S.S. M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui seberapa besar pengaruh dan kontribusi persepsi siswa pada kinerja guru dan keaktifan siswa pada penyelenggaraan pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui pengaruh dan kontribusinya maka dapat dijadikan bahan evaluasi dari proses pembelajaran aktif yang telah dilaksanakan, yakni dengan memperbaiki kinerja guru, mendesain sistem pembelajaran agar lebih dititikberatkan pada keaktifan siswa, serta meningkatkan keaktifan siswa pada penyelenggaraan pembelajaran aktif sehingga dapat berpengaruh terhadap prestasi yang didapat lebih optimal. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri II Sidareja Cilacap. Hasil analisa data yang didapat dalam penelitian ini adalah: 1) persepsi siswa kinerja guru memberi kontribusi kepada prestasi belajar matematika sebesar 38,2%. Selebihnya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Keaktifan siswa memberi kontribusi kepada prestasi belajar matematika sebesar 20%. xiv Selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. 3) Persepsi siswa pada kinerja guru dan keaktifan siswa secara bersama-sama memberikan kotribusi kepada prestasi belajar matematika sebesar 43%. Hasil perhitungan yang didapat menggambarkan begitu besarnya pengaruh persepsi siswa pada kinerja guru dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri II Sidareja, sehingga para guru hendaknya selalu memperhatikan kinerjanya dan selalu memantau keaktifan siswa agar diperoleh hasil prestasi yang maksimal dari para siswa. date: 2009-05-07 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-07 14:41:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dedenmuham-1758-1-dedenmu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--dedenmuham-1758-1-dedenmu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2136 ; nama file lama : DEDEN MUHAMAD ARIF MAHDIANA 02431403 KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA PADA KINERJA GURU DAN KEAKTIFAN SISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1469294 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-07 14:41:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--dedenmuham-1758-1-dedenmu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/36/digilib-uinsuka--dedenmuham-1758-1-dedenmu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2136 ; nama file lama : DEDEN MUHAMAD ARIF MAHDIANA 02431403 KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA PADA KINERJA GURU DAN KEAKTIFAN SISWA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1469294 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: DEDEN MUHAMAD ARIF MAHDIANA NIM: 02431403, (2009) KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA PADA KINERJA GURU DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SLTP NEGERI II SIDAREJA - CILACAP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.