@phdthesis{digilib20574, month = {March}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12670008 AUNA FANY NOR}, year = {2016}, note = {Fitri Yuliawati, M.Pd.Si}, keywords = {problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match, berpikir kritis, dan aktivitas siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20574/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap berpikir kritis pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. 2) pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap aktivitas pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok asam basa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ialah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji independent sampel t-test dimana nilai pretest-postest dan data awal-data akhir aktivitas siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing dianalisis dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap berpikir kritis pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,037 {\ensuremath{<}} 0,05. 2) terdapat pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap aktivitas pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Kata Kunci: problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match, berpikir kritis, dan aktivitas siswa} }