eprintid: 20574 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/05/74 datestamp: 2016-06-02 01:38:36 lastmod: 2016-06-02 01:38:36 status_changed: 2016-06-02 01:38:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AUNA FANY NOR, NIM. 12670008 title: PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match, berpikir kritis, dan aktivitas siswa note: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap berpikir kritis pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. 2) pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap aktivitas pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada materi pokok asam basa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ialah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji independent sampel t-test dimana nilai pretest-postest dan data awal-data akhir aktivitas siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing dianalisis dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap berpikir kritis pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,037 < 0,05. 2) terdapat pengaruh pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match terhadap aktivitas pada materi pokok asam basa di SMAN 5 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: problem posing tipe pre-solution posing dengan make a match, berpikir kritis, dan aktivitas siswa date: 2016-03-31 date_type: published pages: 251 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AUNA FANY NOR, NIM. 12670008 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20574/1/12670008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20574/2/12670008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf