@phdthesis{digilib20576, month = {April}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12670009 ANDRIANA}, year = {2016}, note = {M.Agung Rokhimawan, M.Pd,}, keywords = {model pembelajaran aktif tipe artikulasi, hasil belajar kognitif, keterampilan komunikasi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20576/}, abstract = {Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya di bidang kognitif, sikap, dan keterampilan. Tujuan pendidikan dalam islam, yaitu mencapai pertumbuhan kepribadian yang menyeluruh secara seimbang melalui latihan jiwa, intelek, perasaan, dan indra. Pendidikan harus mencakup pertumbuhan dalam segala aspek, yaitu fisik, mental, intelektual, imajinasi, dan kemampuan berbahasa, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran aktif tipe artikulasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan komunikasi peserta didik. Materi yang digunakan yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit pada kelas X semester 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA N 1 Kasihan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Metode untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran aktif tipe artikulasi terhadap hasil belajar kognitif yaitu menggunakan metode test berupa ujian tertulis, diperoleh kemampuan kognitif berupa data nilai posttest. Nilai posttest yang diperoleh dibandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji beda. Metode untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran aktif tipe artikulasi terhadap keterampilan komunikasi yaitu menggunakan metode nontest berupa kuesioner, diperoleh keterampilan komunikasi berupa data skor posskala. Skor posskala yang diperoleh dibandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji beda. Uji beda yang digunakan yaitu uji t independent sample t-test menggunakan perangkat SPSS 16.0. Berdasarkan hasil uji t nilai posttest diperoleh sig. (2-tailed) 0,016 {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}} = 0,05, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji t skor posskala diperoleh sig. (2-tailed) 0,096 {\ensuremath{>}} {\ensuremath{\alpha}} = 0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan komunikasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif tipe artikulasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik. Kata Kunci: model pembelajaran aktif tipe artikulasi, hasil belajar kognitif, keterampilan komunikasi.} }