@incollection{digilib20581, volume = {Vol. 1}, number = {No. 1}, month = {January}, author = {- MARHUMAH}, series = {Bunga Rampai}, booktitle = {DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM}, title = {INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011}, address = {Yogyakarta}, publisher = {Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan}, year = {2011}, pages = {17--34}, keywords = {Gender, pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20581/}, abstract = {Secara definisi, gender adalah sebuah atribut dan pernilikan yang dibentuk secara kultural yang ada pada laki-laki atau perempuan. Dalam pengertian lain gender membedakan struktur setiap aspek kehidupan manusia. 1 Sebagai sebuah isu baru, gender merupakan konsep yang mengacu pada seperangkat ? at, peran dan tanggungjawab, fungsi , hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya.2 Masyarakatlah yang menciptakan sikap dan perilaku berdasarkan gender, yang menentukan apa 'angseharusnya membedakan perempuan dan laki-laki. Keyakinan tersebut di{$\backslash$} ariskan secara turun temurun, melalui proses sosialisasi baik dalam 'eluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.} }