%0 Book Section %A MARHUMAH, - %B DINAMIKA PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM %C Yogyakarta %D 2011 %F digilib:20581 %I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan %K Gender, pendidikan %N No. 1 %P 17-34 %S Bunga Rampai %T INTEGRASI GENDER DALAM KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Telaah Atas Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Dosen PAl dan PG:MI) Tahun 2011 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20581/ %V Vol. 1 %X Secara definisi, gender adalah sebuah atribut dan pernilikan yang dibentuk secara kultural yang ada pada laki-laki atau perempuan. Dalam pengertian lain gender membedakan struktur setiap aspek kehidupan manusia. 1 Sebagai sebuah isu baru, gender merupakan konsep yang mengacu pada seperangkat ยท at, peran dan tanggungjawab, fungsi , hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya.2 Masyarakatlah yang menciptakan sikap dan perilaku berdasarkan gender, yang menentukan apa 'angseharusnya membedakan perempuan dan laki-laki. Keyakinan tersebut di\ ariskan secara turun temurun, melalui proses sosialisasi baik dalam 'eluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan.