%0 Book %A SUBIYANTORO, - %B Buku Ajar %C Yogyakarta %D 2015 %F digilib:20609 %I Samodra Ilmu %K Religiusitas anak, pendidikan Islam, Sosiologi %N No. 1 %P 135 %T Mengkristalkan Religiusitas Pada Anak (Kajian Sosiologi Pendidikan Islam) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20609/ %V Vol. 1 %X Alhamduillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan hidayah dan karunia-Nya, sehingga penulis memperoleh kakuatan dan kemudahan untuk menyelesaikan buku ini. Buku ini bersisi tentang teori-teori religiusitas dan pembelajaran dalam perspektif sosiologi pendidikan. Buku ini terdiri dari enam bagian, yang secara berurutan membahas tentang berbagai dinamika pembelajaran dalam rangka mewujudkan anak didik yang religius. Permasalahan religiusitas, menjadi permasalahan yang sangat penting, karena religiusitas banyak berpengaruh dalam setiap dimensi kehidupan manusia. Keinginan untuk menerbitkan buku ini, tidak lain dilatarbelakangi oleh kepedulian penulis dengan kondisi masyarakat saat ini. Dekadensi moral yang melanda setiap lapisan masyarakat, membuat miris semua kalangan. Penulis berharap, buku ini menjadi subangsih yang bermakna untuk menciptakan manusia Indonesia yang religius. Dunia pendidikan merupakan satu-satunya harapan untuk menghasilkan manusia Indonesia yang beradab, bermoral dan religius sehingga kehidupan ini menjadi kehidupan yang aman, tentram lahir dan batin. Karena itu, penulis sertakan teori-teori pendidikan yang dapat meningkatkan religiusitas seorang anak didik. Pada bagian akhir buku ini, penulis menyertakan hasil penelitian yang dilakukan beberapa tahun yang lalu. Adapun harapan penulis dengan menyertakan hasil penelitian ini adalah agar menjadi contoh betapa pentingnya kualitas pembelajaran agar dapat menghasilkan peserta didik yang religius. Artinya, manusia religius harus diupayakan sedemikian rupa, baik disekolah, dengan berbagaikegiatannya. Namun juga harus melakukan kerja sama dengan seluruh orangtua agar apa yang telah ditanamkan di sekolah dapat berkembang subur juga dalam kehidupan anak didik secara luas di rumah dan lingkungannya. Penyusunan buku ini tentunya masih banyak kekurangan dan kehilafan, sehingga penulis berharap tegur sapa dari semua pihak. Semoga buku ini bermanfaat untuk kita semua. Amiin