eprintid: 20614 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/06/14 datestamp: 2016-05-10 02:59:29 lastmod: 2016-05-10 02:59:29 status_changed: 2016-05-10 02:59:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MOHAMMAD SHOLEH, NIM. 11120145 title: PERAN KH. AHMAD MADANI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN MADURA (1960-2006) ispublished: unpub subjects: S divisions: jur_spi full_text_status: restricted keywords: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi note: DR. NURUL HAK, M. Hum abstract: Dalam konteks Madura khususnya Kabupaten Pamekasan, sistem pendidikan pertama yang dikenal oleh masyarakat adalah pondok pesantren yang di dalamnya diajarkan dan dikaji kitab-kitab klasik. Seiring dengan perkembangan zaman, maka inovasi dalam pendidikan menjadi suatu keniscayaan dalam rangka memenuhi tuntutan perundang-undangan, tuntutan kerja. Bermula dari itulah, maka lahirlah tokoh yang menaruh perhatian pada sistem pendidikan Islam.Ahmad Madani merupakan pioner dan tokoh yang peduli terhadap sistem pendidikan yang ada di Madura khususnya di Kecamatan Pakong Pamekasan. Dari hasil pemikiran beliau, sekitar tahun 1960-an, beliau mampu mengintegrasikan kedua sistem pendidikan dengan mendirikan sekolah-sekolah sendiri dimana pengetahuan agama dan pengetahuan umum sama-sama diajarkan, walaupun pada awalnya perintisannya banyak kalangan dari masyarakat bahkan tokoh agama menganggap KH. Ahmad Madani telah melanjutkan warisan dan budaya klonial Belanda, dengan memasukkan materi umum kedalam lembaga pendidikan yang beliau rintis. Padahal materi umum merupakan materi pelajaran yang dibawa oleh orang-orang barat yang konotasinya adalah orang barat itu orang kafir. Disini penulis akan mengkaji tentang : Bagaimana Biografi KH. Ahmad Madani, Bagaimana peran KH. Ahmad Madani Dalam perkembangan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Sumber Bungur Pamekasan dan Bagaimana Pola Pendidikan yang diterapkan oleh KH. Ahmad Madani. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang ingin menghasilkan bentuk dan proses pengkisahan atas peristiwa-peristiwa manusia yang telah terjadi di masa lalu. Penelitian sejarah ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah penjelasan tentang biografi dan pemikiran dari KH. Ahmad Madani. Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan biografis, yaitu pendekatan yang berusaha memahami dan mendalami keperibadian (tokoh) berdasarkan latar belakang lingkungan sosial kultural dimana tokoh itu dibesarkan, bagaimana proses pendidikan yang dialami, watakwatak yang ada di sekitarnya. Teori yang relevan untuk digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan sosial yang dikemukana oleh Erving Goffman. Menurut teori ini peranan sosial adalah salah satu konsep sosiologi yang paling sentral yang didefenisikan dalam pengertian pola-pola atau norma-norma prilaku yang diharapkan dari orang yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial. Dalam kaitan ini peneliti juga memakai peranan pesantren menurut Taufik Abdullah, Sebagai lembaga pendidikan islam dimana guru dan murid mecpitakan suatu suasana kekeluargaan dalam usaha mencari, menggali, dan menyebarkan berbagai ilmu keagamaan, pesantren tidaklah lepas dari masyarakat yang mengitarinya. Dalam penelitian ini akan digunakan beberapa tahapan untuk melacak informasi sejarah agar penelitian ini dapat tersusun secara sistematis dan teruji kredibilitasnya. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, date: 2016-03-29 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MOHAMMAD SHOLEH, NIM. 11120145 (2016) PERAN KH. AHMAD MADANI DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN MADURA (1960-2006). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20614/1/11120145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20614/2/11120145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf